Sabtu, 26 September 2020 11:52

​Bakesbangpol Kota Pasuruan Gelar Fasilitasi Tim Pakem

Rabu, 24 Juli 2019 20:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ardianzah
​Bakesbangpol Kota Pasuruan Gelar Fasilitasi Tim Pakem

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Pasuruan menggelar fasilitasi Tim Pakem (Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Masyarakat), di Gedoeng Woloe Jalan Soekarno Hatta Nomor 58 Kota Pasuruan, Rabu (24/7).

Bakesbangpol Kota Pasuruan sebagai kepanjangan tangan dari Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan telah membentuk Tim Terpadu Pakem yang beranggotakan Bangkesbangpol Kota Pasuruan, Kasat Intelkam Polresta Pasuruan, Pasintel Kodim 0819, Kasi Intel Kejari Kota Pasuruan sebagai Leading sector dan instansi terkait lainnya.

Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, MM mengatakan, tindakan nyata pemerintah yang sudah dilakukan adalah melalui pendekatan keagamaan/kepercayaan melalui jalur agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

"Dalam bentuk anjangsana (silaturahmi) kepada Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Aliran Kepercayaan, Tokoh Ras, Tokoh Suku dan lainnya," kata Bahrul saat membuka acara.

Menurutnya, fasilitasi tersebut dilakukan untuk memecahkan masalah atau pemahaman mengenai penguatan kapasitas bagi penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan aliran keagamaan masyarakat khususnya di Kota Pasuruan.

Ia berharap kegiatan Pakem ini akan mencerdaskan masyarakat agar menghindari atau pencegahan terhadap doktrin seseorang atau kelompok untuk mengikuti ajaran – ajaran yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Serta terwujudnya kedamaian dan saling menghormati antar masyarakat serta terciptanya kerukunan umat beragama atau aliran kepercayaan. Di samping itu, kegiatan ini dapat menginspirasi dan memotivasi kita dalam melaksanakan tugas untuk pengabdian kita kepada masyarakat, agama, bangsa dan negara," harapnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si menambahkan, tema kegiatan tersebut yaitu "Penguatan Kapasitas Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa."

Peserta kegiatan ini diikuti oleh 180 orang Penghayat Aliran Kepercayaan, 40 orang Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Se-Kota Pasuruan, dengan jumlah peserta 220 orang.

Turut hadir, Asisten 1 Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Perwakilan Polresta Pasuruan, Perwakilan Kodim 0819 Pasuruan, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan, Perwakilan Kemenag Kota Pasuruan, Kepala OPD Se-Kota Pasuruan, Narasumber dan para peserta.

Narasumber terdiri dari Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan, Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pasuruan, Pakar Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan serta Tokoh Masyarakat Kota Pasuruan. (ard/par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...