Arumi Bachsin Minta PKK Dukung Kampung KB

Arumi Bachsin Minta PKK Dukung Kampung KB Arumi Bachsin saat membuka Festival Kampung KB Jombang di Pendopo Kabupaten Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Jatim Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak meminta kepada seluruh kader PKK di Jatim untuk mendukung Kampung Keluarga Berencana (KB) yang diprogramkan BKKBN. Pasalnya, selain dapat menyentuh unit keluarga terkecil di masyarakat juga diharapkan mampu mewujudkan kesejahteraan keluarga.

"Kader PKK harus aktif terhadap pelaksanaan Kampung KB,” ujar Arumi Bachsin saat membuka Festival Kampung KB Jombang di Pendopo Kabupaten Jombang, Kamis (18/7).

Lebih lanjut Arumi Bachsin menyampaikan, PKK memiliki tiga fungsi yang sangat strategis dalam mendukung Kampung KB. Selain sebagai penyuluh, PKK juga berperan sebagai penggerak masyarakat, dan pencatatan sederhana.

“Tiga fungsi tersebut yang disalurkan PKK untuk mendukung Kampung KB. Kalau ingin berhasil Kampung KB, harus ada kerja sama lintas sektor. Tidak cukup dari PKK saja, atau Kampung KB saja,” katanya.

Arumi Bachsin menambahkan, keberadaan Keluarga KB ini setidaknya dapat menjaga keluarga-keluarga Indonesia dari berbagai permasalahan sosial.

“Inilah pentingnya Kampung KB bisa ikut menjaga keluarga yang merupakan unit terkecil dari masyarakat. Kalau keluarga tidak didampingi, apalagi dengan perkembangan industri 4.0. Ada positif dan negatif, berpengaruh pada budaya,” terangnya.

Menurutnya, Keluarga KB yang ada di Jatim telah terbentuk di setiap kecamatan. Kepada seluruh kader PKK harus dapat berperan aktif dalam mendukung pelaksanaannya. Sebab, melalui Kampung KB tersebut bisa memberantas persoalan stunting.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO