Selasa, 14 Juli 2020 17:24

Tingkatkan Usaha Melalui Kemitraan, Dinkop UKM Kota Pasuruan Gelar Temu Usaha KUKM Bidang Logam

Jumat, 19 Juli 2019 00:05 WIB
Editor: .
Wartawan: Ardianzah
Tingkatkan Usaha Melalui Kemitraan, Dinkop UKM Kota Pasuruan Gelar Temu Usaha KUKM Bidang Logam

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Pasuruan menyelenggarakan pembinaan, pelatihan dan asistensi untuk peningkatan daya saing produk dan peningkatan kapasitas usaha KUKM logam untuk bermitra dengan PT. Bukalapak.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Horison Pasuruan pada Kamis (18/7) ini bertujuan meningkatkan produktivitas dan daya saing KUMKM logam di dalam negeri terutama dalam menghadapi lonjakan impor komponen dan mesin, serta peningkatan kapasitas usaha KUKM logam.

Kegiatan tersebut difasilitasi oleh Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Hadir dalam kegiatan tersebut Deputi Bidang Produksi Dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Marketing Division PT. Bukalapak, Chairman YDBA (yayasan dharma bhakti astra), Direktur LPDB-KUKM, Narasumber serta peserta temu kangen KUKM.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Victoria br. Simanungkalit, dalam sambutannya mengatakan kegiatan temu usaha ini sangatlah penting dan strategis untuk peningkatan SDM dalam upaya mendorong kemampuan UKM agar mampu bersaing dalam pemenuhan kebutuhan komponen di dalam negeri. Baik untuk komponen otomotif, pendukung industri otomotif dan komponen serta alat mesin pertanian.

Ia berharap pengembangan UKM/IKM logam di Kota Pasuruan dapat diwujudkan dengan langkah-langkah yang nyata melibatkan semua pihak terkait dalam rangka pengembangan industri logam Indonesia berkelanjutan.

"Kesemuanya itu hanya dapat diwujudkan hanya jika adanya dukungan yang sungguh-sungguh dari pihak industri otomotif maupun Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dan organisasi lainnya terkait untuk bersinergi dalam mendorong pengembangan koperasi dan UKM logam," ujarnya.

Ia juga meminta kepada peserta kegiatan agar bersungguh-sungguh dan bekerja keras dengan penuh semangat, agar tercapai apa yang dicita-citakan yaitu peningkatan produktivitas dan daya saing sehingga dapat memasarkan produk di dalam negeri maupun ekspor. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pasuruan Siti Amini berharap agar Pemerintah Kota Pasuruan dapat bersinergi dalam upaya untuk meningkatkan program sektor unggulan sentra usaha kecil logam Kota Pasuruan.

"Tujuannya agar usaha kecil logam di Kota Pasuruan dapat mengelola usahanya setara dengan industri besar. Dengan temu usaha KUKM/sentra usaha mikro di bidang industri logam melalui kemitraan dapat berlanjut dan menghasilkan usaha yang sehat, ekonomis, efisien, tangguh dan mandiri serta mampu menjadi unsur kekuatan ekonomi rakyat sebagai lembaga bisnis modern dengan jaringan usaha dan akses pasarnya sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kota Pasuruan," tuturnya (ard/par)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...