Tingkatkan Usaha Melalui Kemitraan, Dinkop UKM Kota Pasuruan Gelar Temu Usaha KUKM Bidang Logam

Tingkatkan Usaha Melalui Kemitraan, Dinkop UKM Kota Pasuruan Gelar Temu Usaha KUKM Bidang Logam

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Pasuruan menyelenggarakan pembinaan, pelatihan dan asistensi untuk peningkatan daya saing produk dan peningkatan kapasitas usaha KUKM logam untuk bermitra dengan PT. Bukalapak.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Horison Pasuruan pada Kamis (18/7) ini bertujuan meningkatkan produktivitas dan daya saing KUMKM logam di dalam negeri terutama dalam menghadapi lonjakan impor komponen dan mesin, serta peningkatan kapasitas usaha KUKM logam.

Kegiatan tersebut difasilitasi oleh Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Hadir dalam kegiatan tersebut Deputi Bidang Produksi Dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Marketing Division PT. Bukalapak, Chairman YDBA (yayasan dharma bhakti astra), Direktur LPDB-KUKM, Narasumber serta peserta temu kangen KUKM.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Victoria br. Simanungkalit, dalam sambutannya mengatakan kegiatan temu usaha ini sangatlah penting dan strategis untuk peningkatan SDM dalam upaya mendorong kemampuan UKM agar mampu bersaing dalam pemenuhan kebutuhan komponen di dalam negeri. Baik untuk komponen otomotif, pendukung industri otomotif dan komponen serta alat mesin pertanian.

Ia berharap pengembangan UKM/IKM logam di Kota Pasuruan dapat diwujudkan dengan langkah-langkah yang nyata melibatkan semua pihak terkait dalam rangka pengembangan industri logam Indonesia berkelanjutan.

"Kesemuanya itu hanya dapat diwujudkan hanya jika adanya dukungan yang sungguh-sungguh dari pihak industri otomotif maupun Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dan organisasi lainnya terkait untuk bersinergi dalam mendorong pengembangan koperasi dan UKM logam," ujarnya.

Ia juga meminta kepada peserta kegiatan agar bersungguh-sungguh dan bekerja keras dengan penuh semangat, agar tercapai apa yang dicita-citakan yaitu peningkatan produktivitas dan daya saing sehingga dapat memasarkan produk di dalam negeri maupun ekspor. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pasuruan Siti Amini berharap agar Pemerintah Kota Pasuruan dapat bersinergi dalam upaya untuk meningkatkan program sektor unggulan sentra usaha kecil logam Kota Pasuruan.

"Tujuannya agar usaha kecil logam di Kota Pasuruan dapat mengelola usahanya setara dengan industri besar. Dengan temu usaha KUKM/sentra usaha mikro di bidang industri logam melalui kemitraan dapat berlanjut dan menghasilkan usaha yang sehat, ekonomis, efisien, tangguh dan mandiri serta mampu menjadi unsur kekuatan ekonomi rakyat sebagai lembaga bisnis modern dengan jaringan usaha dan akses pasarnya sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kota Pasuruan," tuturnya (ard/par)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO