Perpustakaan Rakyat di Pagesangan Masuk Kategori Enam Terbaik Nasional

Perpustakaan Rakyat di Pagesangan Masuk Kategori Enam Terbaik Nasional Wali Kota Risma saat menerima tim dari Perpusnas di ruang kerja wali kota.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perpustakaan Rakyat di Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan Surabaya, berhasil masuk ke dalam enam nominasi perpustakaan terbaik tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tahun 2019.

“Ya saya bersyukur sekali. Tapi bagi saya tujuan hidup bukan untuk penghargaan, tapi bagaimana saya mampu membuat sejahtera warga kota saya,” kata Wali Kota Risma di ruang kerjanya, Rabu (17/07/2019).

Risma menjelaskan, perpustakaan-perpustakaan yang disediakan itu memang untuk proses belajar warga sekitar. Makanya, Pemkot Surabaya membangun di setiap kelurahan agar anak-anak bisa menjangkau perpustakaan tersebut. Bahkan, buku koleksi perpustakaan itu juga dilengkapi dengan mata pelajaran seperti di sekolah.

“Perpustakaan itu memang untuk warga dari kelurahan masing-masing. Biar mudah dijangkau dan dipelajari. Paling penting menyiapkan tempat belajar yang nyaman untuk mereka, kalau tempatnya jauh mereka baru tiba sudah lelah,” ujarnya.

Menurutnya, penggunaan metode melalui proses membaca di perpustakaan dinilai sangat dianjurkan, meskipun sudah berkembang metode belajar lain. Karena, melalui proses membaca tersebut anak-anak akan mampu berimajinasi.

“Kalau membaca anak akan semakin berimajinasi dibandingkan melihat gambar. Karena gambar itu sudah ada bentuk, dan warna. Jadi mindset-nya sudah dibatasi dengan pola itu. Berbeda dengan terus membaca, mereka jauh lebih imaginer,” paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO