Minggu, 29 Maret 2020 04:51

Bakti Religi, Polda Jatim dan Polres Nganjuk Sembahyang Bareng di Pura Kertabuana Giri Wilis

Selasa, 16 Juli 2019 14:50 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Anatasia Novarina
Bakti Religi, Polda Jatim dan Polres Nganjuk Sembahyang Bareng di Pura Kertabuana Giri Wilis

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Masih dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-73, Polda Jatim bekerja sama dengan Polres Nganjuk mengadakan Bakti Religi di Pura Kertabuana Giri Wilis di Gunung Wilis Kabupaten Nganjuk, Selasa (15/7)

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanya Wiranta mengatakan, acara bakti religi ini dilaksanakan berdasarkan hasil konsultasi dengan sesepuh dan Polda Jatim. "Kita geser tadinya di Polda, mungkin kita geser sekali-sekali di luar. Setelah konsultasi dengan para sesepuh dan senior, Polda berkenan untuk digeser ke Nganjuk," terang Dewa.

Dewa mengatakan bahwa kegiatan ini sebenarnya biasa saja. Namun, karena kedatangan tamu dari seluruh penjuru Jawa Timur, maka acaranya menjadi luar biasa.

"Penggawa-penggawa Jawa Timur semuanya hadir di sini untuk bersama-sama melaksanakan persembahyangan untuk meningkatkan iman dan taqwa kita dan sekaligus sebagai perwakilan dari umat Hindu di Nganjuk," imbuhnya.

Dewa berharap adanya bakti religi yang dilakukan di Nganjuk ini bisa memberikan informasi kepada Semeton Semeton atau dalam bahasa Bali disebut sebagai saudara yang ada di Jawa Timur maupun yang ada di Bali, bahwa di Nganjuk terdapat pura peninggalan leluhur umat Hindu.

"Nanti para hadirin sekalian mungkin semeton yang di Bali atau semeton yang di luar Jawa Timur ingin berkunjung ke Pura Kerta Bhuwana Giri Lawu, bisa memberi arah atau memberi informasi bahwa di sini ada leluhur yang sampai dengan saat ini memang harus kita lestarikan dan harus kita jaga betul untuk ke depannya," pungkasnya

Sekadar diketahui, Pura Kertabuana Giri Wilis terletak di kaki Gunung Wilis tepatnya Dusun Curik Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Nganjuk, Jawa Timur. Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis sebagai tempat sembahyang orang yang beragama hindu dan juga salah satu dari tempat wisata yang ada di Kota Nganjuk  Daerah perbukitan Gunung Wilis juga pernah dilalui oleh Jenderal Sudirman, sebelum melakukan Serangan Umum 1 Maret 1949 ke Yogyakarta.

Ada 114 kepala keluarga di Dusun Curik yang terdiri dari 500 jiwa, dan merupakan pemeluk agama Hindu. Mereka hidup rukun berdampingan dengan pemeluk agama lain yang bertempat tinggal di dusun-dusun sekitarnya.

Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis merupakan Pura Penyawangan dari Candi Sapto Argo yang berada di puncak Gunung Wilis yang merupakan pemujaan Dewa Wisnu, Dewi Sri dan leluhurnya. Umat Hindu di Desa Bajulan setahun sekali naik ke puncak Gunung Wilis untuk melakukan bersih-bersih dan merawat Candi Sapto Argo sekaligus bersembahyang. Di sekitar Candi Sapto Argo terdapat situs-situs, sedangkan arca Dewa Wisnu dan Dewi Sri yang ada di Candi Sapto Argo telah hilang dicuri.

Sesepuh-sesepuh umat Hindu yang ada di Desa Bajulan meyakini bahwa di sekitar Candi Sapto Argo terdapat lima prasasti dan saat ini yang telah ditemukan hanya tiga prasasti. Ketiga prasasti tersebut dipahat pada batu-batu yang besar yang hingga kini belum ada penelitian yang dilakukan di Gunung Wilis.

Sementara itu, umat Hindu di Desa Bajulan juga tidak bisa membaca isi dari prasasti tersebut karena ketiga prasasti tersebut ditulis dengan simbol-simbol seperti lingkaran, tanda silang, jalan, air terjun dan lain-lain. Posisi ketiga prasasti itu berada pada tiga titik yang membentuk-bentuk segi tiga, yang berada pada lereng sebelah timur, pada lereng bagian tengah, dan pada lereng sebelah barat dari Candi Sapto Argo. (ana/rev) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...