Terbagi Dua Kloter, Jumlah CJH Asal Situbondo Alami Peningkatan

Terbagi Dua Kloter, Jumlah CJH Asal Situbondo Alami Peningkatan Adi Ariyanto, Kasi Haji Kemenag Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Calon Jemaah Haji (CJH) tahun 2019 asal Situbondo yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah mengalami peningkatan menjadi 657 dari tahun sebelumnya yang di bawah 500 CJH.

Menurut Kasi Haji Kementerian Agama (Kemenag) Situbondo, Adi Ariyanto, para CJH tersebut akan diberangkatkan secara serentak ke Saudi Arabia pada hari Jumat, tanggal 19 juli 2019.

“Dari tahun sebelumnya, Calon Jemaah haji Kabupaten Situbondo tahun ini mengalami peningkatan menjadi 657, tahun sebelumnya kurang dari 500 jemaah," katanya.

Ia menjelaskan, bahwa peningkatan jumlah CJH tidak terlepas dari sistem urut informasi haji di wilayah Jawa Timur. Di dalam urut sistem informasi haji itu warga Situbondo merupakan yang terbanyak di Jawa Timur, hingga terjadi peningkatan kuota.

“657 CJH tersebut sudah berdasarkan dari sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) dan akan diberangkatkan dengan kelompok terbang 42 dan 43," terangnya.

Lebih lanjut, pria yang pernah menjadi kepala sekolah di MAN 2 Situbondo ini mengungkapkan, untuk penambahan kuota nasional yang mencapai 10 ribu CJH itu, Jawa Timur mendapatkan 400 kuota dan Khusus Situbondo hanya memperoleh jatah 3 CJH.

"Tapi hanya dua orang yang bisa berangkat. Sementara yang satu menunda karena istrinya tidak ter-cover pada pemberangkatan haji tahun ini," terangnya.

Adi Ariyanto menambahkan, untuk kloter 42 akan diberangkatkan sebanyak 445 Calon Jemaah Haji ditambah 5 petugas kloter seperti, ketua kloter, pembimbing, dokter, dan dua para medis . Sedang kloter 43 diberangkatkan 200 CJH bersama dengan rombongan dari Kabupaten lain.

"Yang kloter 43 ini sebanyak 200 CJH nanti bersama rombongan dari daerah lain, yaitu Sidoarjo, Nganjuk, dan Jember. Untuk koper CJH tanggal 17-18 juli sudah harus sampai di Kemenag," pungkasnya. (mur/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO