Senin, 18 November 2019 10:41

KLB di Pacitan, Hepatitis A Juga Ditemukan di Blitar

Kamis, 04 Juli 2019 16:07 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Akina Nur Alana
KLB di Pacitan, Hepatitis A Juga Ditemukan di Blitar
Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kabupaten Blitar, Krisna Yekti.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar menemukan 15 penderita hepatitis A. Jumlah tersebut ditemukan terhitung hingga bulan Mei 2019.

Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, hepatitis A ini menyerang santri di sebuah pondok pesantren di Kabupaten Blitar.

"Awalnya hanya ada lima santri yang menderita hepatitis A, namun karena tertular jumlah penderita menjadi 15 santri," ungkap Krisna Yekti, Kamis (4/7/2019).

Menurut dia, setelah ditemukanya kasus,  pihaknya langsung melakukan penanganan dengan merujuk ke rumah sakit dan memulangkan santri ke rumah masing-masing untuk sementara waktu agar tidak mewabah.

"Saat ini 15 santri pondok ini dinyatakan sembuh. Tetapi Dinas Kesehatan terus melakukan pemantauan secara intensif," tegasnya.

Dijelaskannya, penularan penyakit Hepatitis A sangat cepat, bisa melalui udara saat berbincang maupun karena menggunakan peralatan makan secara bergantian.

Untuk itu, pihaknya juga membina pondok pesantren untuk mengantisipasi penularan, seperti menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Krisna menambahkan, sampai saat ini pihaknya tidak menerima laporan lain penularan penyakit hepatitis A. Namun pihaknya mengaku akan terus melakukan antisipasi dini agar tidak terjadi wabah penyakit. "Sejauh ini belum ada lagi laporan, namun antisipasi terus kami lakukan," pungkasnya.

Untuk diketahui, ratusan warga Pacitan, Jawa Timur terjangkit penyakit yang menyerang organ hati tersebut. Pemkab Pacitan bahkan menetapkan status KLB pada wabah hepatitis A. (ina/dur)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Minggu, 17 November 2019 01:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...