TP PKK Trenggalek Gelar Rakor Lintas Sektor dan Program Taman Posyandu

TP PKK Trenggalek Gelar Rakor Lintas Sektor dan Program Taman Posyandu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek Novita Nur Arifin saat memberikan sambutan.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam upaya mempersiapkan calon pemimpin bangsa yang sehat, cerdas, dan berkualitas sejak dini, Pemkab Trenggalek melalui Ketua Tim Penggerak (TP) PKK menggelar rapat koordinasi lintas sektor dan lintas program Taman .

Agenda rapat kali ini digelar di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Senin (24/6).

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek Novita Nur Arifin mengatakan bahwa Taman merupakan pengembangan Puri (Purnama Mandiri) yang diberi tambahan layanan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan BKB (Bina Keluarga Balita).

"Di Taman selain mendapatkan lima layanan pokok yaitu kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, pelayanan gizi, dan pelayanan imunisasi, serta pencegahan diare, ada layanan baru yaitu rangsangan pendidikan sejak dini usia 0-3 tahun serta pendidikan dan penyuluhan pada orang tua balita," paparnya.

Ia menyampaikan, di Kabupaten Trenggalek terdapat 857 posyandu dengan Strata Pratama 0, Madya 108 dan Purnama Mandiri 749. Sementara jumlah posyandu yang sudah terbentuk 354 Taman yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek.

"Dari 354 Taman ada 266 taman posyandu yang optimal, 88 taman posyandu belum optimal," katanya.

Dengan adanya koordinasi lintas sektor dan lintas program ini, lanjutnya, diharapkan posyandu yang belum optimal bisa dioptimalkan. Ia pun berpesan agar TP PKK desa sebagai leading sector dari Taman di desa bisa berperan aktif dalam pembinaan di Taman .

"Taman merupakan Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang ada di desa, yang berperan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan," terang istri Bupati Nur Arifin ini.

"Marilah kita siapkan calon pemimpin bangsa ini calon pemimpin yang sehat, cerdas, dan berkualitas sejak dini melalui Taman ," ajaknya. (man/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO