Verifikasi Faktual HARIAN BANGSA oleh Dewan Pers Selesai

Verifikasi Faktual HARIAN BANGSA oleh Dewan Pers Selesai Anggota Dewan Pers, Ahmad Djauhar ketika menyerahkan hasil verifikasi pada Pemimpin Umum HARIAN BANGSA EM Mas’ud Adnan. Foto: Maulana/BANGSAONLINE.COM

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Verifikasi faktual yang dilakukan Dewan Pers pada HARIAN BANGSA selesai tepat pukul 15.30, Sabtu (22/6/2019). Tim yang melakukan verifikasi terdiri empat orang dipimpin oleh anggota Dewan Pers Ahmad Djauhar, didampingi Agus Sudibyo dan dua staf Dewan Pers.

Tim verifikasi ditemui langsung oleh EM Mas’ud Adnan Pemimpin Umum HARIAN BANGSA, Nur Syaifudin Pemimpin Redaksi, Abdurrahman Ubaidah Pemimpin Perusahaan, Maulana Redaktur Pelaksana, Yuni Manjer Iklan, dan Noviati Bagian Keuangan.

(Foto bersama di depan Kantor HARIAN BANGSA. Dari kiri ke kanan: Abdurrahman Ubaidah, Agus Sudibyo, EM Mas'ud Adnan, Ahmad Djauhar, Yuni, Noviati,  Irwan dan Maulana)

Kepada kru HARIAN BANGSA, Ahmad Djauhar menjelaskan, verifikasi yang dilakukan oleh Dewan Pers merupakan amanat Undang-Undang. Dewan Pers akan melakukan verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual terhadap semua media yang sudah terdaftar di Dewan Pers.

“Semua media itu harus jelas status dan keberadaannya. Sehingga, ketika ada masalah dengan pemberitaan, ada tempat yang pasti bagi mereka yang dirugikan untuk melakukan klarifikasi terhadap pemberitaan yang ditulis tersebut,” ujar Ahmad Djauhar mengawali proses verifikasinya.

Proses verifikasi administrasi yang dipersyaratkan untuk sebuah penerbitan pun diteliti satu per satu. Selain minta lampiran SK Menkumham, Ahmad Djauhar juga meminta Pasal 3 (tiga) dari Akte Pendirian PT. Dalam pasal tiga ini diteliti betul apakah akte yang diterbitkan sudah sesuai dengan bidang usaha yang dijalani.

Simak berita selengkapnya ...