Kamis, 19 September 2019 20:34

Verifikasi Faktual HARIAN BANGSA oleh Dewan Pers Selesai

Sabtu, 22 Juni 2019 17:23 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: .
Verifikasi Faktual HARIAN BANGSA oleh Dewan Pers Selesai
Anggota Dewan Pers, Ahmad Djauhar ketika menyerahkan hasil verifikasi pada Pemimpin Umum HARIAN BANGSA EM Mas’ud Adnan. Foto: Maulana/BANGSAONLINE.COM

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Verifikasi faktual yang dilakukan Dewan Pers pada HARIAN BANGSA selesai tepat pukul 15.30, Sabtu (22/6/2019). Tim yang melakukan verifikasi terdiri empat orang dipimpin oleh anggota Dewan Pers Ahmad Djauhar, didampingi Agus Sudibyo dan dua staf Dewan Pers.

Tim verifikasi ditemui langsung oleh EM Mas’ud Adnan Pemimpin Umum HARIAN BANGSA, Nur Syaifudin Pemimpin Redaksi, Abdurrahman Ubaidah Pemimpin Perusahaan, Maulana Redaktur Pelaksana, Yuni Manjer Iklan, dan Noviati Bagian Keuangan.

(Foto bersama di depan Kantor HARIAN BANGSA. Dari kiri ke kanan: Abdurrahman Ubaidah, Agus Sudibyo, EM Mas'ud Adnan, Ahmad Djauhar, Yuni, Noviati,  Irwan dan Maulana)

Kepada kru HARIAN BANGSA, Ahmad Djauhar menjelaskan, verifikasi yang dilakukan oleh Dewan Pers merupakan amanat Undang-Undang. Dewan Pers akan melakukan verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual terhadap semua media yang sudah terdaftar di Dewan Pers.

“Semua media itu harus jelas status dan keberadaannya. Sehingga, ketika ada masalah dengan pemberitaan, ada tempat yang pasti bagi mereka yang dirugikan untuk melakukan klarifikasi terhadap pemberitaan yang ditulis tersebut,” ujar Ahmad Djauhar mengawali proses verifikasinya.

Proses verifikasi administrasi yang dipersyaratkan untuk sebuah penerbitan pun diteliti satu per satu. Selain minta lampiran SK Menkumham, Ahmad Djauhar juga meminta Pasal 3 (tiga) dari Akte Pendirian PT. Dalam pasal tiga ini diteliti betul apakah akte yang diterbitkan sudah sesuai dengan bidang usaha yang dijalani.

“Mengapa ini saya lihat betul, karena terkadang tidak sesusai, kalau untuk HARIAN BANGSA sudah sesuai, yakni bidang penerbitan. Ada kasus bidangnya ternyata lain. Bertemu bupati tidak untuk minta konfirmasi, ujung-ujungnya minta proyek,” cerita Ahmad Djauhar menjelaskan soal ketelitiannya itu.

(Ahmad Djauhar sedang mengecek berkas dan dokumen HARIAN BANGSA disaksikan Em Mas'ud Adnan dan Nur Syaifuddin. Foto: Maulana/BANGSAONLINE.COM)

Selain mengecek persyaratan admnistrasi penerbitan, Dewan Pers juga melakukan checking ruangan tempat bekerja. Mulai ruang kerja redaksi, ruang rapat redaksi, ruang sirkulasi, hingga sisi depan kantor HARIAN BANGSA dilakukan pemotretan sebagai bukti fisik.

Verifikasi sendiri diakhiri dengan penyerahan berkas hasil verifikasi dan rekomendasi yang harus dilakukan HARIAN BANGSA. Penyerahan oleh Ahmad Djauhar diterima langsung oleh Pemimpin Umum HARIAN BANGSA, EM Mas’ud Adnan.

Setelah itu, Dewan Pers juga menyerahkan tiga buah buku panduan tentang cara menangkal berita bohong, buku panduan wartawan, dan standart komptensi untuk wartawan. (ns)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...