Selasa, 20 Agustus 2019 13:16

Ketua DPRD Gresik dan Peradi Bahas Bantuan Hukum untuk Warga Kurang Mampu

Rabu, 19 Juni 2019 15:05 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Ketua DPRD Gresik dan Peradi Bahas Bantuan Hukum untuk Warga Kurang Mampu
Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim (belakang kanana) bersama jajaran pengurus DPC Peradi. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Jajaran DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Gresik menggelar jagongan bersama Ketua DPRD Ahmad Nurhamim di salah satu warung kopi (warkop), Jalan Panglima Sudirman, Gresik, Rabu (19/6).

Acara ini dihadiri langsung Ketua DPC Peradi Gresik Kukuh Pramono Budi S.H, bersama Sekretaris A. Fajar Yulianto, S.H, dan sejumlah pengurus lain. Mereka berdiskusi membahas bantuan hukum untuk warga kurang mampu, hingga pencegahan agar legislatif tidak tersandung hukum saat melaksankan tugas.

Kepada BANGSAONLINE.com, Kukuh Pramono Budi menyatakan Peradi Gresik siap dilibatkan untuk membantu masyarakat Gresik, khususnya yang tidak mampu, dalam pemberian bantuan hukum secara cuma-cuma alias gratis. Sebab, pembiayaan bantuan hukum itu nantinya ditanggung oleh pemerintah.

"Langkah ini kami tempuh agar keberadaan Peradi Gresik dirasakan masyarakat, terlebih Peradi Gresik saat ini telah memiliki Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Gresik," ungkapnya.

Pada jagongan itu, juga banyak dibahas terkait persoalan tugas-tugas legislatif. "Kami saling sharing dengan Pak Nurhamim (ketua DPRD) soal tugas-tugas kedewanan. Peradi siap menjadi partner DPRD Gresik dalam membantu mengawal tugas dan fungsinya agar tak tersandung persoalan hukum," kata Kukuh.

Sementara Fajar Yulianto menambahkan, Peradi Gresik mempunyai komitmen untuk mewujudkan bantuan hukum preventif maupun represif untuk seluruh lapisan masyarakat.

"Preventif ini misalkan program-program kajian sisi hukum sebelum ada konflik hukum, contohnya memberikan masukan sisi aspek hukum kepada stakeholder terkait, memberikan edukasi, dan lainnya. Untuk represif, yaitu memberikan bantuan hukum jika diperlukan pendampingan hukum bagi masyarakat kurang mampu dan/atau problem-problem struktural masyarakat," paparnya.

Ia berharap ke depan Peradi Gresik dapat dilibatkan dalam proses pembangunan hukum, bantuan hukum, sekaligus pemikiran hukum untuk stakeholder terkait baik DPRD, pemerintahan, dan masyarakat.

Sementara Ahmad Nurhamim mengaku sangat mengapresiasi langkah Peradi Gresik yang siap memberikan bantuan hukum terhadap masyarakat kurang mampu yang sedang berhadapan dengan hukum. "Ini terobosan baik dari Peradi yang sangat kami apresiasi," katanya.

"Kami juga minta Peradi agar memberikan pencerahan masyarakat agar tak melakukan perbuatan melawan hukum," imbuhnya.

Nurhamim juga menyambut baik langkah Peradi Gresik yang siap mem-back up tugas-tugas legislasi agar tak berbuntut hukum. "Setahu saya ini baru pertama kali di Gresik. Makanya, kami sangat bersyukur dan berterima kasih," pungkasnya. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...