Sidoarjo Luncurkan Program Sedot Tinja Berbasis Online

Sidoarjo Luncurkan Program Sedot Tinja Berbasis Online PELUNCURAN: Bupati Saiful Ilah mengenakan helm pada petugas sedot tinja berbasis online, di Favehotel Sidoarjo, Selasa (18/6). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Sidoarjo membuat terobosan baru dalam pengelolaan air limbah domestik, yakni membuat program Pelayanan Penyedotan Lumpur Tinja melalui aplikasi berbasis online.

Program bekerja sama dengan USAID Indonesia ini diluncurkan di sela Sosialisasi Perda No 5 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik (PALD) dan Retribusi Pengolahan Limbah Cair, di Favehotel Sidoarjo, Selasa (18/6) kemarin.

Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (P2CKTR) Sidoarjo Sulaksono menyatakan, program PALD bakal menjawab tantangan serta tuntutan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu, Dinas P2CKTR dan USAID Indonesia bekerja sama fokus pada target pembangunan Sarana dan Prasarana (Sarpras) PALD dalam mewujudkan SDGs 2030 melalui Strategi Implementasi PALD. Di antaranya dengan Sistem PALD Terpusat dan Sistem PALD Setempat.

"Program ini mewajibkan pengembang, pengusaha perumahan, perkantoran dan kawasan perdagangan untuk membangun sarana dan prasarana air limbah dengan sistem komunal yang memenuhi standar teknis. Ke depan semua pengembang harus memiliki PALD sejak pengurusan IMB," beber Sulaksono.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menegaskan menjadi hal penting dalam meningkatkan pelayanan sanitasi dalam sektor air. Hal ini dibuktikan dengan memasukan L2T2 di dalam RPJMD Sidoarjo. Hal itu sebagai bentuk komitmen Sidoarjo meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

"Sidoarjo patut berbangga. Karena menjadi kabupaten pertama yang menjadi pelopor dalam Pengelolaan Air Limbah Domestik (PALD) Komunal secara nasional," katanya.

Apalagi, ditunjang aplikasi berbasis online Layanan e-Sedot Tinja Periodik yang secara langsung dapat diunduh dengan mudah melalui playstore pada smartphone. "Dengan begitu masyarakat merasa terbantu terkait permintaan jasa penyedotan tinja secara periodik itu," tandas Abah Ipul, panggilan karib Saiful Ilah. (sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO