Dinilai Melanggar Kesepakatan, Warga Senori Protes Proyek Pipanisasi CNG Milik PT Bahtera Abadi Gas

Dinilai Melanggar Kesepakatan, Warga Senori Protes Proyek Pipanisasi CNG Milik PT Bahtera Abadi Gas Warga Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, saat audiensi dengan perwakilan PT. BAG.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Warga Dusun Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten memprotes adanya proyek pipanisasi milik PT Bahtera Abadi Gas (BAG) yang melintas area sekitar desa, Senin (17/6). Pasalnya, proyek pipanisasi itu dinilai merusak Jalan Usaha Tani (JUT) yang dibangun warga secara swadaya.

PT BAG merupakan anak usaha Compressed Natural Gas (CNG) yang membidangi pembangunan fasilitas pengolahan gas. Selain itu, perusahaan swasta ini juga memproses dan mengelola gas suar menjadi kondensat, Liquid Petroleum Gas (LPG), dan Lean Gas yang berasal dari Lapangan sumur Tapen Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten .

Dalam hearing dengan pihak perusahan, warga menuntut itikad baik dari perusahan untuk membangunkan infrastruktur fisik JUT yang dilalui proyek penanaman tersebut. Panjangnya mencapai 3 ribu meter.

"Kami minta perusahaan harus membangunkan JUT untuk petani," ungkap Supriyadi, salah satu petani Desa Sidoharjo.

Supriyadi menceritakan, sebelumnya antara warga dan perusahaan telah terjadi kesepakatan, bahwa pengerjaan proyek jaringan pipa itu tidak akan melewati area persawahan produktif milik kelompok tani dan warga setempat. Namun, ternyata saat pelaksanan proyek, penanaman pipa justru terindikasi merusak JUT milik kelompok tani dan warga yang dibangun dengan sistem swadaya. Bahkan, di beberapa titik, JUT tersebut dikeruk dan dilubangi oleh pekerja dari perusahan PT BAG.

Hal inilah yang mengakibatkan warga protes keras terhadap perusahaan tersebut.

“Kalau perusahaan tidak mau menyepakati musyawarah siang ini, kita juga meminta mobil perusahaan yang mengerjakan penyambungan pipa di lokasi JUT di-pending dulu,” tetas Supriyadi.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO