Jumat, 23 Agustus 2019 06:05

Ribuan Pengunjung Banjiri ​Festival Ketupat Raksasa di Pamekasan

Rabu, 12 Juni 2019 21:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
Ribuan Pengunjung Banjiri ​Festival Ketupat Raksasa di Pamekasan
Sekretaris Disparbud menyerahkan ketupat raksasa kepada Pj Sekdakab Pamekasan falam festival ketupat raksasa di pantai Talang Siring.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Perayaan Lebaran Ketupat di Pantai Talang Siring yang berada di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan dimeriahkan dengan Festival Ketupat Raksasa. Ribuan pengunjung tampak membanjiri festival tersebut, selain ingin menikmati keindahan pantai Talang Siring.

Festival ketupat raksasa yang merupakan gawe Disparbud dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Montok tersebut untuk melestarikan budaya lebaran ketupat yang sudah menjadi tradisi masyarakat Pamekasan.

Menurut Halifaturrahman, Kabid Pariwisata Disparbud Pamekasan, diadakannya festival ketupat raksasa ini selain untuk menarik minat para wisatawan, juga untuk melestarikan lebaran ketupat yang ada di Madura khususnya Kabupaten Pamekasan.

"Pantai Talang Siring yang merupakan destinasi pariwisata Pamekasan yang sedang kita kembangkan dan juga agar para pengrajin ketupat juga lebih kreatif dan berkreasi lebih baik lagi," ungkap Mamang, sapaan Halifaturrahman. Rabu (12/06/19).

Sedangkan Pj Sekdakab Pamekasan Andik Fadjar Tjahyono yang membuka acara tersebut mengatakan, Pantai talang siring merupakan destinasi wisata yang potensial. "Apalagi dengan adanya hutan mangrave yang juga menambah pesona pantai yang indah ini," tuturnya.

Menurut Andik, yang paling penting bagaimana cara pengelolaannya yang baik dan benar. "Destinasi wisata ini yang baik adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Talang Siring ini dan penataan para pedagang agar tetap bersih indah dan menyenangkan," tambahnya.

Festival ketupat raksasa dengan hadiah berupa piala dan uang pembinaan ini akan dijadikan agenda tahunan. Sedangkan lomba pembuatan ketupat raksasa yang diikuti 20 peserta tersebut dimenangkan ketupat berdiameter 105 cm, dengan panjang 44 cm, dan lebar 42 cm yang dibuat oleh Sukri, warga Desa Sokolela, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan. (err/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...