Senin, 23 September 2019 08:47

Sidak Mamin, Dinkes Kota Mojokerto Amankan 15 Produk

Selasa, 11 Juni 2019 17:36 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Sidak Mamin, Dinkes Kota Mojokerto Amankan 15 Produk
Kadinkes Kota Mojokerto Christiana Indah Wahyu.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Sidak terhadap makanan dan minuman (mamin) di Kota Mojokerto tak berhenti di kala jelang Lebaran. Kegiatan ini berjalan rutin tanpa melihat momentum. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Mojokerto, Christiana Indah Wahyu.

Statemen ini menjawab temuan puluhan mamin bermasalah dalam sidak jelang Lebaran. Sejumlah mamin disita petugas lantaran kelayakan konsumsinya diragukan yang ditemukan dalam sidak yang digelar terkait keamanan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Dari 15 jenis mamin yang diamankan, 8 jenis di antaranya terbukti kedaluwarsa. Selebihnya bermasalah dalam hal izin edar dan kerusakan kemasan.

”Yang kita temukan adalah makanan berformalin, juga mamin yang sudah kadaluarsa dan tidak layak konsumsi namun tetap diedarkan,” ungkap Cristiana.

Namun dari hasil uji lab, beberapa jenis sampel makanan yang ditengara berformalin seperti sosis, bakso dan ikan asin, tak satu pun ditemukan kandungan zat berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Dari hasil uji lab, tidak kami temukan makanan yang mengandung zat formalin," terang Indah.

Selain itu, juga dicermati izin edar, tanggal kadaluarsa, label abal-abal dan kelayakan konsumsi. ”Kalau tidak standar secara mutu dan kualitas ya harus kita tarik,” terang Indah.

Menurut Indah, mamin yang diamankan menyalahi UU nomer 7 tahun 1996 tentang keamanan pangan. Karena dalam kemasan produk tidak disertai label sebagai bukti jaminan kepada konsumen.

“Setiap mamin yang dijual dalam bentuk apapun harus ada label sebagai bukti jaminan keamanan untuk dikonsumsi,” tandas pejabat berjilbab ini. (yep/ian) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Minggu, 22 September 2019 14:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag63. Qaala idzhab faman tabi’aka minhum fa-inna jahannama jazaaukum jazaa-an mawfuuraanDia (Allah) berfirman, “Pergilah, tetapi barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sungguh, neraka Jahanamla...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...