Rabu, 05 Agustus 2020 17:42

Mudik ke Pamekasan, ​Mahfud MD Ziarahi Makam Ayahnya

Minggu, 09 Juni 2019 11:52 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
Mudik ke Pamekasan, ​Mahfud MD Ziarahi Makam Ayahnya
Mahfud MD (memakai batik) saat ziarahi makam ayahnya di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD pada H+4 Hari Raya Idul Fitrih 1440 H, menyempatkan diri melakukan ziarah kubur ke makam ayahnya yang berada di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Minggu (09/06/19).

Sebelumnya, Mahfud yang datang bersama istri dan anak beserta cucunya melakukan silaturrahmi ke ibunda tercinta di Jalan Dirgahayu Pamekasan.

Mahfud MD datang bersama rombongan dengan mengendarai mobil Toyota Alphard warna hitam dengan nopol W 700 dan dikawal oleh Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pamekasan menuju makam ayahandanya.

Dengan mengenakan batik berwarna cokelat dan berkopyah hitam, Mahfud mengisyaratkan bahwa ia memang orang Madura asli. Mahfud bersama keluarga di pemakaman ayahnya menggelar tahlil bersama keluarga.

Dalam kesempatan tersebut Mahfud mengatakan, ia memang biasa mempunyai tradisi mudik setiap tahun ke kampung halamannya.

"Biasanya sehari sebelum lebaran saya sudah disini. Berhubung masih ada acara di luar dan lebaran di Jogja, jadi bisanya sekarang ini hari keempat baru bisa pulang kampung," katanya.

Mahfud mengaku, setiap tahun sudah menjadi tradisi berkunjung ke keluarganya yang berada di di bumi gerbang salam.

"Tadi itu makam ayah saya Mahmudin. Beliau lahir di sini di Desa Plakpak. Beliau meninggal dan dimakamkan disini kumpul bersama kakek saya, Hasim," ujar Mahfud.

Setelah melakukan silaturahmi ke Pamekasan, Mahfud mengaku akan melanjutkan silaturrahmi ke rumah istirnya di Jember. "Kalau istri saya berasal dari Jember. Habis lebaran dari sini biasanya langsung ke rumah istri. Terus balik lagi ke Jogja," pungkasnya.

Sebelum bertolak ke Jember, Mahfud bersama rombongan menuju ke rumah keluarga ayahandanya yang tidak ikut ke kuburan untuk bersilaturahmi. Setelah melakukan silaturahmi, rombongan  menyempatkan mampir di Pos Pengamanan Lebaran yang berada di area Arek Lancor Alun-alun Pamekasan. (err/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...