Jumat, 23 Agustus 2019 06:14

Mudik ke Pamekasan, ​Mahfud MD Ziarahi Makam Ayahnya

Minggu, 09 Juni 2019 11:52 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
Mudik ke Pamekasan, ​Mahfud MD Ziarahi Makam Ayahnya
Mahfud MD (memakai batik) saat ziarahi makam ayahnya di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD pada H+4 Hari Raya Idul Fitrih 1440 H, menyempatkan diri melakukan ziarah kubur ke makam ayahnya yang berada di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Minggu (09/06/19).

Sebelumnya, Mahfud yang datang bersama istri dan anak beserta cucunya melakukan silaturrahmi ke ibunda tercinta di Jalan Dirgahayu Pamekasan.

Mahfud MD datang bersama rombongan dengan mengendarai mobil Toyota Alphard warna hitam dengan nopol W 700 dan dikawal oleh Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pamekasan menuju makam ayahandanya.

Dengan mengenakan batik berwarna cokelat dan berkopyah hitam, Mahfud mengisyaratkan bahwa ia memang orang Madura asli. Mahfud bersama keluarga di pemakaman ayahnya menggelar tahlil bersama keluarga.

Dalam kesempatan tersebut Mahfud mengatakan, ia memang biasa mempunyai tradisi mudik setiap tahun ke kampung halamannya.

"Biasanya sehari sebelum lebaran saya sudah disini. Berhubung masih ada acara di luar dan lebaran di Jogja, jadi bisanya sekarang ini hari keempat baru bisa pulang kampung," katanya.

Mahfud mengaku, setiap tahun sudah menjadi tradisi berkunjung ke keluarganya yang berada di di bumi gerbang salam.

"Tadi itu makam ayah saya Mahmudin. Beliau lahir di sini di Desa Plakpak. Beliau meninggal dan dimakamkan disini kumpul bersama kakek saya, Hasim," ujar Mahfud.

Setelah melakukan silaturahmi ke Pamekasan, Mahfud mengaku akan melanjutkan silaturrahmi ke rumah istirnya di Jember. "Kalau istri saya berasal dari Jember. Habis lebaran dari sini biasanya langsung ke rumah istri. Terus balik lagi ke Jogja," pungkasnya.

Sebelum bertolak ke Jember, Mahfud bersama rombongan menuju ke rumah keluarga ayahandanya yang tidak ikut ke kuburan untuk bersilaturahmi. Setelah melakukan silaturahmi, rombongan  menyempatkan mampir di Pos Pengamanan Lebaran yang berada di area Arek Lancor Alun-alun Pamekasan. (err/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...