Mengenalkan Dunia Pesantren sejak Dini, Anak-Anak Diajari Kesederhanaan

Mengenalkan Dunia Pesantren sejak Dini, Anak-Anak Diajari Kesederhanaan Para santri kecil Sekolah Dasar (SD) Islam Roushon Fikr saat ikut Pondok Ramadan di Pondok Pesantren Al-Aqobah Jombang, Jawa Timur. foto: istimewa/bangsaonline.com

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sekira 250 “Santri Cilik” dari Sekolah Dasar (SD) Islam Roushon Fikr Jombang tampak semangat ketika mengikuti kegiatan Pondok Ramadan di PP. Al-Aqobah IV, Diwek, Jombang Jawa Timur. 

Aktivitas tahunan ini berlangsung selama tiga hari dua malam guna mengenalkan lebih dekat dunia pesantren dengan ragam aktivitasnya. “ masa kini bukan lagi tempat yang menyeramkan dengan regulasi ketat hingga dijuluki “penjara suci”. Tapi pesantren adalah tempat yang ramah anak dan lingkungan yang nyaman untuk menimba ilmu,” tutur KH. Junaidi Hidayat, Pengasuh Pondok Al-Aqobah kepada BANGSAONLINE.com, Selasa malam (28/5/2019). 

Kiai Junaidi Hidayat tercatat sebagai Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jombang  dan pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Jombang. Kini alumnus Pondok Tebuireng ini fokus mengelola pondok pesantren.

(Para santri kecil saat salat di Pondok Al-Aqobah Jombang. Foto: istimewa/bangsonline.com)

Kedatangan mereka didampingi oleh dewan guru untuk merasakan kehidupan di pesantren. Yang membuat unik kegiatan ini adalah anak-anak mendapatkan materi ala pesantren seperti: Ilmu Akhlaq, Latihan Tulis Pego, Kaligrafi dan sejarah Tokoh NU.

Lihat juga video 'Semua Penonton Bioskop Disalami, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (18)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO