Selasa, 18 Juni 2019 06:24

Mengenalkan Dunia Pesantren sejak Dini, Anak-Anak Diajari Kesederhanaan

Rabu, 29 Mei 2019 13:14 WIB
Editor: Tim
Mengenalkan Dunia Pesantren sejak Dini, Anak-Anak Diajari Kesederhanaan
Para santri kecil Sekolah Dasar (SD) Islam Roushon Fikr saat ikut Pondok Ramadan di Pondok Pesantren Al-Aqobah Jombang, Jawa Timur. foto: istimewa/bangsaonline.com

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sekira 250 “Santri Cilik” dari Sekolah Dasar (SD) Islam Roushon Fikr Jombang tampak semangat ketika mengikuti kegiatan Pondok Ramadan di PP. Al-Aqobah IV, Diwek, Jombang Jawa Timur. 

Aktivitas tahunan ini berlangsung selama tiga hari dua malam guna mengenalkan lebih dekat dunia pesantren dengan ragam aktivitasnya. “Pesantren masa kini bukan lagi tempat yang menyeramkan dengan regulasi ketat hingga dijuluki “penjara suci”. Tapi pesantren adalah tempat yang ramah anak dan lingkungan yang nyaman untuk menimba ilmu,” tutur KH. Junaidi Hidayat, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Aqobah kepada BANGSAONLINE.com, Selasa malam (28/5/2019). 

Kiai Junaidi Hidayat tercatat sebagai Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jombang  dan pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Jombang. Kini alumnus Pondok Pesantren Tebuireng ini fokus mengelola pondok pesantren.

(Para santri kecil saat salat di Pondok Pesantren Al-Aqobah Jombang. Foto: istimewa/bangsonline.com)

Kedatangan mereka didampingi oleh dewan guru untuk merasakan kehidupan di pesantren. Yang membuat unik kegiatan ini adalah anak-anak mendapatkan materi ala pesantren seperti: Ilmu Akhlaq, Latihan Tulis Pego, Kaligrafi dan sejarah Tokoh NU.

“Dengan program ini, kami ingin anak dan orang tua memahami arti pentingnya pendidikan di pesantren. Sehingga kelak ketika lulus mereka melanjutkan di sini,” tutur Ahmad Sunandar, Guru pendamping dari PP. Al-Aqobah.

Selama tiga hari, para peserta Pondok Ramadhan mengikuti jama’ah lima waktu, tadarrus Al-Qur’an, Shalat Taraweh, hingga kegiatan rekreatif seperti bermain futsal dan keliling di desa sekitar. Di hari terakhir, semua peserta berziarah ke makam Gus Dur dan Mbah Hasyim yang terletak di Pesantren Tebuireng, tak jauh dari lokasi pesantren Al-Aqobah.

Pesantren memang menawarkan kesederhanaan. Berlatih hidup sederhana guna membentuk diri menjadi insan yang tangguh menghadapi segala tantangan kehidupan. 

“Di sini, anak-anak diajari hidup mandiri. Menata isi lemari, merapikan baju dan tempat tidur sebagai bentuk rutinitas disiplin mereka,” tutur Ustadz Rosyad, pengurus pesantren.

Tujuan Pondok Ramadan ini sangatlah mulia. Sudah saatnya orang tua dan guru mengenalkan sejak dini tentang kehidupan pesantren serta mendekatkan mereka kepada sosok  kiai atau ulama. Karena pesantren adalah lembaga pendidikan keagamaan tertua di Indonesia yang mempunyai sejarah panjang dalam memperjuangkan kemerdekaan RI dan menghasilkan para alumni yang berkiprah di masyarakat.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...