Senin, 23 September 2019 10:54

KPPPA Verifikasi MTs Negeri 1 Tuban Sebagai Madrasah Ramah Anak

Jumat, 24 Mei 2019 19:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
KPPPA Verifikasi MTs Negeri 1 Tuban Sebagai Madrasah Ramah Anak
Tim verifikasi saat berada di MTS Negeri 1 Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Tim Verifikasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) melakukan penilaian di MTSN 1 Tuban menuju 3 besar nasional sebagai Madrasah Ramah Anak, setelah sebelumnya lolos 5 besar nasional.

Verifikasi dilakukan untuk meninjau kondisi secara langsung dan mencocokkan dengan data yang diterima, sebagai syarat penilaian Madrasah Ramah Anak (MRA). Termasuk melihat data yang dikirimkan sebelumnya sesuai dengan fakta lapangan, dengan cluster penilaiannya adalah madrasah ramah anak.

Kedatangan Tim Verifikasi Kementerian PPPA ini didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Nurjannah. Hadir dalam acara ini dari Kemenag diwakili oleh Kasi Penma Siti Maulidiyah, Komite, dan beberapa perwakilan wali murid, Jumat (24/05).

Di MTSN 1 Tuban, tim menilai langsung berbagai kelayakan serta fasilitas sekolah. Seperti adanya tanda-tanda keselamatan anak, adanya kotak obat, kotak saran, serta adanya perbedaan toilet laki-laki dan perempuan. Selain itu, juga dicek kesediaan tempat sampah khusus pembalut, papan nama, bangunan yang layak, serta tata tertib administrasi seperti SK pendukung dan lainnya.

"Kita berharap standar madrasah ramah anak ini tidak hanya berlaku pada madrasah yang diusulkan saja, tapi semua madrasah juga yang ada di Tuban," terang Siti Maulidiyah.

Ia mengatakan, penilaian ini murni apa yang dimiliki MTSN 1 Tuban. "Kalau ada kekurangan kiranya segera dilengkapi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala MTSN 1 Tuban Tasmo menerangkan, verifikasi yang dilakukan KPPPA ini sekaligus menjadi penyemangat pihaknya dalam mewujudkan madrasah yang lebih baik, peduli, dan ramah terhadap tumbuh kembang anak.

“Penilaian ini menjadi awal yang baik, karena apabila anak sudah nyaman dan senang ke madrasah, maka kualitas SDM bisa meningkat. Dengan adanya Madrasah Ramah Anak ini diharapkan bisa mewujudkan menjadi Madrasah Ramah Anak,” pungkas Tasmo. (gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Minggu, 22 September 2019 14:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag63. Qaala idzhab faman tabi’aka minhum fa-inna jahannama jazaaukum jazaa-an mawfuuraanDia (Allah) berfirman, “Pergilah, tetapi barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sungguh, neraka Jahanamla...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...