Minggu, 23 Februari 2020 18:30

KPPPA Verifikasi MTs Negeri 1 Tuban Sebagai Madrasah Ramah Anak

Jumat, 24 Mei 2019 19:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
KPPPA Verifikasi MTs Negeri 1 Tuban Sebagai Madrasah Ramah Anak
Tim verifikasi saat berada di MTS Negeri 1 Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Tim Verifikasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) melakukan penilaian di MTSN 1 Tuban menuju 3 besar nasional sebagai Madrasah Ramah Anak, setelah sebelumnya lolos 5 besar nasional.

Verifikasi dilakukan untuk meninjau kondisi secara langsung dan mencocokkan dengan data yang diterima, sebagai syarat penilaian Madrasah Ramah Anak (MRA). Termasuk melihat data yang dikirimkan sebelumnya sesuai dengan fakta lapangan, dengan cluster penilaiannya adalah madrasah ramah anak.

Kedatangan Tim Verifikasi Kementerian PPPA ini didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Nurjannah. Hadir dalam acara ini dari Kemenag diwakili oleh Kasi Penma Siti Maulidiyah, Komite, dan beberapa perwakilan wali murid, Jumat (24/05).

Di MTSN 1 Tuban, tim menilai langsung berbagai kelayakan serta fasilitas sekolah. Seperti adanya tanda-tanda keselamatan anak, adanya kotak obat, kotak saran, serta adanya perbedaan toilet laki-laki dan perempuan. Selain itu, juga dicek kesediaan tempat sampah khusus pembalut, papan nama, bangunan yang layak, serta tata tertib administrasi seperti SK pendukung dan lainnya.

"Kita berharap standar madrasah ramah anak ini tidak hanya berlaku pada madrasah yang diusulkan saja, tapi semua madrasah juga yang ada di Tuban," terang Siti Maulidiyah.

Ia mengatakan, penilaian ini murni apa yang dimiliki MTSN 1 Tuban. "Kalau ada kekurangan kiranya segera dilengkapi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala MTSN 1 Tuban Tasmo menerangkan, verifikasi yang dilakukan KPPPA ini sekaligus menjadi penyemangat pihaknya dalam mewujudkan madrasah yang lebih baik, peduli, dan ramah terhadap tumbuh kembang anak.

“Penilaian ini menjadi awal yang baik, karena apabila anak sudah nyaman dan senang ke madrasah, maka kualitas SDM bisa meningkat. Dengan adanya Madrasah Ramah Anak ini diharapkan bisa mewujudkan menjadi Madrasah Ramah Anak,” pungkas Tasmo. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...