Danrem 083: Jadikan Harkitnas Momentum untuk Perkokoh Persatuan Bangsa

Danrem 083: Jadikan Harkitnas Momentum untuk Perkokoh Persatuan Bangsa Danrem 083/Bdj Kol Inf Bagus Suryadi Tayo saat bertindak sebagai Irup Upacara Harkitnas.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional () merupakan salah satu hari bersejarah dalam pergerakan pemuda di Tanah Air. Di Malang, diperingati dengan menggelar upacara.

Danrem 083/Bdj Kol Inf Bagus Suryadi Tayo bertindak sebagai Irup mengatakan, Sejarah yang jatuh pada tanggal 20 Mei tiap tahunnya, merupakan pertanda berdirinya organisasi Boedi Oetomo.

"Oleh karenanya, momentum bersejarah ini mari kita gunakan sebagai tonggak kebangkitan kita untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa yang akhir-akhir ini mulai pecah oleh kepentingan politik pasca pemilu tahun ini," ungkapnya pada Senin (20/5).

"Dulu, organisasi Boedi Oetomo berdiri untuk bersatu melawan penjajahan Belanda, dan sekarang mari kita bersana-sama bersatu untuk bangkit dalam rangka membangun bangsa Indonesia agar ke depan kita dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini," tegasnya.

“Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang pertama, kepanitiaannya diketuai oleh Ki Hajar Dewantara. Dan dalam pidatonya, Bung Karno mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia yang terpecah oleh kepentingan politik agar bersatu kembali untuk melawan Belanda. Bung Karno juga menyampaikan bahwa Boedi Oetomo merupakan tonggak pergerakan nasional, dan hari ini kita juga meperingati . Untuk itu, mari kita bangkitkan semangat kebangsaan kita untuk kembali bersatu padu guna menjadikan Indonesia lebih maju lagi," tuturnya.

Selain menjadi Irup, dalam peringatan harkitnas tahun 2019 ini, Danrem 083 juga melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Untung Suropati Kota Malang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdiv 2/K, Forpimda Kota Malang, seperti Wali Kota, Kapolres, Kajari, dan Dandim 0833/Kota Malang beserta para pejabat sipil. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO