Selasa, 10 Desember 2019 17:22

Menengok Pondok Janda Lansia di Blitar, Semangat Belajar Agama di Usia Senja

Minggu, 12 Mei 2019 14:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Menengok Pondok Janda Lansia di Blitar, Semangat Belajar Agama di Usia Senja
Salah satu aktivitas di pondok lansia Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Meski berusia senja, para janda lansia terlihat bersemangat belajar ilmu agama. Semangat mereka tak kalah dari para pelajar sekolah atau santri di pondok pesantren.

Para janda lansia ini mengikuti pondok Ramadan di Masjid Mustajabud Da'awaad, Dusun Bendelonje, Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

Pondok Ramadan janda lansia ini diikuti para lansia di atas usia 60 tahun yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Blitar. Bahkan ada beberapa di antaranya yang berasal dari Tulungagung dan Kediri. Mereka akan mengikuti pondok Ramadan lansia hingga sepuluh hari di bulan Ramadan.

Semua santri yang berusia lanjut ini tinggal di kamar sederhana, serta sebuah gubuk tingkat yang terbuat dari bambu yang berada di sekitar komplek masjid. Mereka memulai kegiatan setelah sholat subuh hingga usai tadarus sekitar pukul 22.00 WIB. 

Panitia juga menyediakan petugas kesehatan untuk memeriksa secara rutin kondisi para janda lansia tersebut. Selain memeriksa tekanan darah, para tenaga medis yang bertugas juga mendengarkan keluhan sakit yang diderita oleh mereka. 

Salah satu lansia yang mengikuti pondok Ramadan adalah Mbah Surati. Dirinya mengaku sehari-hari tinggal sendirian di rumahnya di Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Untuk itu, dia memilih mengikuti pondok Ramadan untuk mengisi waktu luangnya sekaligus menimba ilmu agama saat bulan Ramadan.

"Di rumah sendiri. Di sini banyak temanya, bisa ngaji dan beribadah sama-sama. Kalau capek gantian mijitin," ungkap Mbah Surati usai mengaji, Minggu (12/5/2019).

Sri Banun, salah satu pengurus yayasan mengatakan pondok Ramadan janda lansia ini gratis. Tidak dipungut biaya apapun bagi para santrinya. Seluruh biaya yang dibutuhkan untuk proses mengaji di pondok lansia ditanggung penyelenggara dari para donatur.

Menurut dia, ide pondok lansia ini berawal dari kegiatan senam lansia. Hingga kemudian muncul ide untuk mengumpulkan para lansia dalam pondok Ramadan untuk beribadah dan mempelajari ilmu agama bersama-sama. Pondok Ramadan lansia ini sudah berlangsung sejak 10 tahun lalu.

"Meski sudah berusia senja, mereka terlihat masih sangat bersemangat menjalankan jadwal di pondok Ramadan ini. Kami berharap setelah mengikuti kegiatan jnj mereka tetap istiqomah beribadah," jelas Sri Banun. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...