Rabu, 30 September 2020 00:53

Gubernur Jatim Ajak BRI Kembangkan Bank Syariah

Rabu, 08 Mei 2019 16:45 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Gubernur Jatim Ajak BRI Kembangkan Bank Syariah
Gubernur Khofifah saat menerima Direksi BRI Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak Bank Rakyat Indonesia (BRI) ikut mengembangkan Bank Syariah. Karena menurutnya, kondisi Bank Syariah saat ini dinilai masih belum mampu berkembang layaknya bank konvensional.

"Oleh sebab itu, agar bank syariah bisa berkembang, maka harus ada kerja sama dengan berbagai bank, salah satunya dengan BRI," ujar Gubernur Khofifah saat menerima Direksi BRI Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (8/5).

Gubernur Khofifah menjelaskan, secara umum, bank syariah di Indonesia masih mencari bentuk yang pasti. Dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, maka tidak salah apabila bank syariah harus berkembang di Indonesia.

“Banyak hal yang memengaruhi bank syariah tidak bisa berkembang, di antaranya manajemen yang belum tertata dengan rapi. Oleh sebab itu, perlu adanya penataan yang lebih bagus,” ujarnya.

Agar bank syariah bisa berkembang, maka cara yang perlu dilakukan adalah dengan mengundang ahli perbankan kelas dunia, khususnya soal syariah. Mereka diharapkan bisa membantu menghitung probabilitas antara unit usaha syariah, bank syariahnya, dan juga sumber daya manusianya. Ke depan bank syariah bisa menyasar unit-unit di desa dan UKM-nya.

“Dengan jaringan yang luas, maka BRI bisa ikut mengembangkan bank syariah di desa dan UKM di dalamnya. Sehingga akan membantu meningkatkan perekonomian,” tambahnya.

Sementara itu Pimpinan Wilayah BRI Jatim, Busrul Iman menjelaskan, silaturahmi dengan Gubernur Jatim tersebut untuk meningkatkan kerja sama antara Pemprov Jatim dengan BRI. Ia memandang Jatim memiliki market yang bagus. Apabila dilakukan sinergi yang bagus, maka akan mendatangkan nilai (value) yang besar. Dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Jatim.

“Sebagai contoh KUR (kredit usaha rakyat, Red) di Jatim yang sangat besar mencapai Rp. 12 triliun. Angka tersebut bisa bertambah apabila adanya sinergi dengan Pemprov Jatim,” ujarnya. (mdr)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...