Banyak Pabrik Baru di Pasuruan Diduga Belum Lengkapi Izin

Banyak Pabrik Baru di Pasuruan Diduga Belum Lengkapi Izin Pabrik Beton di dalam bekas Pabrik Patal Grati.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kemunculan pabrik-pabrik baru di wilayah Pasuruan Timur mendapat perhatian berbagai pihak. Pasalnya di antara pabrik tersebut diduga tak memiliki izin lengkap. Salah satunya adalah pabrik Ready Mix (beton) yang berdiri di dalam bekas pabrik PT Patal Grati.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pabrik yang berada di wilayah Pasuruan Timur ini diduga tak mengantongi izn lengkap.

Misbah Zunib, Plh. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Pasuruan saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com di ruang kerjanya, Kamis (2/5) menyatakan bahwa pihaknya tak memiliki kewenangan terhadap pabrik yang belum melengkapi izin.

"Jika ada pabrik yang tidak memiliki izin, maka hal tersebut merupakan kewenangan Satpol PP, yang seharusnya melakukan penindakan dan penertiban. Coba langsung ke Satpol PP mas. Mereka seharusnya yang lebih tahu. Kebetulan ini saya mau rapat dengan Wabup dan sudah ditunggu," terangnya.

Sementara saat BANGSAONLINE.com mendatangi kantor Satpol PP, tidak ada yang bersedia memberikan komentar. "Wah, yang bisa memberikan komentar tidak ada mas, sedang ada kegiatan semua di luar," jelas petugas jaga di ruang resepsionis.

Di sisi lain, hal ini mendapat perhatian dari Lujeng Danuarta, Direktur LSM Pusaka. Lujeng menyatakan bahwa maraknya pabrik yang berdiri tanpa memiliki izin lengkap menunjukkan Pemkab masih belum serius bahkan terkesan amburadul dalam menangani permasalahan perizinan.

"Saya melihatnya seperti itu. Sebenarnya ini kan contoh kecil saja. Banyak masalah perizinan lainya yang sampai sekarang penanganannya kurang serius. Masih banyak celah yang mengakibatkan penerimaan pendapatan asli daerah di pemerintahan Kabupaten Pasuruan bocor. Hal ini harus menjadi perhatian serius Bupati Pasuruan ke depan untuk mengevaluasinya," tegasnya. (par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO