Sambut Ramadhan, Indartato Gelar Megengan Bersama

Sambut Ramadhan, Indartato Gelar Megengan Bersama Bupati Indartato saat menggelar megegangan di Kecamatan Nawangan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Tradisi megengan masih terus diuri-uri oleh seluruh masyarakat muslim di Pacitan. Tidak terkecuali Bupati Indartato. Setiap menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan, orang nomor satu di Pemkab Pacitan itu selalu menyelenggarakan tradisi megengan bersama masyarakat.

Kali ini megengan digelar di Kecamatan Nawangan, Kamis (2/5) sore. Indartato bersama jajaran dan unsur fokopimda, forkopimca, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta masyarakat umum berbaur dalam hajatan megengan tersebut.

"Tujuan megengan bagi masyarakat Jawa adalah mengenang sekaligus mendoakan para leluhur kita yang telah mendahului dipanggil Allah SWT," ujar Indartato mengawali sambutannya.

Selain itu, lanjutnya, tradisi megengan juga menjadi media pemersatu seluruh elemen masyarakat. Terlebih belum lama ini telah dilaksanakan hajatan besar beruapa pesta demokrasi pileg dan pilpres. "Megengan juga untuk mempererat tali silaturahmi dengan segenap warga," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, megengan berasal dari kata megeng yang artinya menahan. Menahan dari segala hawa nafsu, saat melangsungkan ibadah puasa di bulan suci nantinya. Dengan tradisi tersebut, diharapkan seluruh umat muslim bisa lebih mengendalikan diri dari kekuatan hawa nafsu. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO