TNI AL dan US Navy Sepakat Latihan Bersama

TNI AL dan US Navy Sepakat Latihan Bersama

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Setelah melalui beberapa tahapan, akhirnya dan US. Navy mencapai kesepakatan rencana program Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness And Training (Carat) 2019. Kesepakatan itu ditandatangani oleh kedua belah pihak pada saat rapat penutupan Final Planning Conference (FPC) yang dimulai 30 April - 02 Mei 2019, bertempat di Hotel JW, Marriott Surabaya, Kamis (02/05/2019).

Ketua Delegasi FPC Carat 2019 dari diwakili oleh Kolonel Laut (P) Sigit Santoso dan dan dari US Navy Capt Ann Mc Cann, menandatangani dokumen perjanjian kesepahaman Latma Carat 2019. Dokumen tersebut telah dibahas dan disepakati oleh masing-masing delegasi dalam rapat FPC selama empat hari.

Untuk menentukan kesepakatan tersebut masing-masing delegasi membentuk kelompok diskusi kecil (small group discussions) membahas tentang rencana kegiatan, jadwal, dan peralatan tempur yang akan dikerahkan dalam Latma CARAT 2019 nanti. Small Grup Discussion terdiri dari beberapa bagian di antaranya pengamanan (Force Protection), unsur-unsur laut (sea phase), unsur udara (aviation), pendaratan pasukan Marinir (Marex), kesehatan (Medical Civil Action Programme), hubungan masyarakat (communication relation) dan lain-lain.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit mengenai doktrin taktik dan teknik peperangan laut, operasi amfibi dan penanggulangan bencana alam. Selain itu juga untuk meningkatkan hubungan bilateral antar Angkatan Laut kedua negara, dengan prinsip saling menghormati dan menghargai sesama negara yang berdaulat. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO