Jumat, 10 Juli 2020 22:25

Aksi May Day, Hari ini 20.000 Buruh Sarbumusi Turun Jalan Luruk Grahadi

Rabu, 01 Mei 2019 01:24 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Aksi May Day, Hari ini 20.000 Buruh Sarbumusi Turun Jalan Luruk Grahadi
RAPATKAN BARISAN: Pengurus Sarbumusi Sidoarjo usai rapat pengerahan massa aksi May Day menuju Grahadi, di Kantor DPC Sarbumusi Sidoarjo, Selasa (30/4). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sekitar 20.000 buruh asal Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Jawa Timur bakal turun jalan memperingati Hari Buruh Internasional (May Day), pada 1 Mei hari ini.

Ribuan buruh ini bakal menyampaikan sejumlah tuntutan secara langsung ke Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dengan datang ke Gedung Negara Grahadi di Surabaya. “Kami siap menerjunkan sekitar 20.000 buruh,” cetus Koordinator Aksi yang juga Ketua DPC Sarbumusi NU Sidoarjo, H Kujairi, Selasa (30/4).

Kujairi menjelaskan, pihaknya membawa sejumlah tuntutan ke Gubernur Jatim. Di antaranya penegakan supremasi hukum ketenagakerjaan, optimalisasi kinerja pengawasan ketenagakerjaan Disnakertrans Jatim.

Juga pemberantasan dan tindak tegas praktik kerja outsourcing dan kerja kontrak atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), serta menindak tegas pengusaha dzolim di Jatim.

“Kami juga menolak upah murah untuk buruh (pekerja) serta mendesak perbaikan pelayanan BPJS kesehatan untuk buruh. Karena pelayanan BPJS saat ini kami anggap lebih buruk dari pelayanan sebelumnya,” bebernya usai rapat koordinasi di kantor DPC Sarbumusi NU Sidoarjo, Jl KH Mukmin, Selasa (30/4).

Kata Kujairi, sekitar 20.000 buruh ini berasal dari buruh pabrik anggota Sarbumusi di ring satu, yakni Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto, Gresik dan Surabaya. Dalam aksinya, buruh Sarbumusi ini, selain menggelar panggung orasi, juga istighotsah dan doa bersama.

Massa buruh Sarbumusi ini, berangkat menuju Surabaya menggunakan truk komando yang dilengkapi sound system, ratusan bus, mobil dan motor. Ribuan buruh Sarbumusi ini, berangkat dari masing-masing kabupaten/kota dan bertemu di Carefour Jl Ahmad Yani Surabaya. “Lalu menuju Gedung Grahadi,” bebernya.

Saat ditanya kemungkinan Gubernur Jatim enggan menemui perwakilan massa buruh Sarbumusi dengan menugaskan Wagub Jatim, Kujairi mengaku bakal menolaknya. Pihaknya tetap meminta bertemu Gubernur Jatim.

Sebab keputusan masalah perburuhan se-Jatim di tangan Gubernur. “Kami tetap harus bertemu dan menyampaikan seluruh tuntutan kami itu ke Gubernur Jatim,” tandasnya.

Sekretaris I DPC Sarbumusi NU Sidoarjo, Reza P menambahkan, ribuan buruh Sarbumusi asal Sidoarjo, ikut bergabung dalam aksi May Day menuju Grahadi. Para buruh Sarbumusi Sidoarjo ini, bakal bertemu dalam dua titik kumpul sebelum menuju Carefour Jl Ahmad Yani.

Untuk wilayah timur, bertemu di depan PT Avian buduran. Sedangkan dari wilayah barat Sidoarjo, berkumpul di depan pabrik Sumber Plastik Jl Raya Bypass Krian. “Setelah berkumpul di depan Carefour Ahmad Yani, kami akan menuju Gedung Negara Grahadi sambil menggelar Banjari,” tandas Reza. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...