Smamita Sidoarjo Gelar Expo, Pamerkan 36 Karya Inovasi Siswa

Smamita Sidoarjo Gelar Expo, Pamerkan 36 Karya Inovasi Siswa KREATIF DAN INOVATIF: Siswa Smamita menjelaskan karya inovasinya kepada pengunjung Smamita Expo, Sabtu (27/4). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) Sidoarjo menggelar Expo di gedung sekolah setempat, Sabtu (27/4). Ajang ini memajang sejumlah karya inovasi siswa Smamita. Ada 36 kelompok siswa yang ikut pameran ini.

Karya inovasi yang dipamerkan, mayoritas sudah meraih juara dalam kompetisi antarpelajar, tingkat Jatim maupun nasional. Di antaranya Detektor Infus, Pakan Ikan Otomatis, Pakan Burung Otomatis, Powerbank Panel Surya hingga Detektor Gempa Tenaga Surya.

Selain inovasi bidang teknologi dan energi, siswa juga memajang inovasi bidang makanan-minuman, daur ulang, hingga pemanfaatan limbah. Bahkan ada juga inovasi terkait tanggap bencana, misalnya denah mitigasi terkait gempa bumi.

Kepala Smamita Zainal Arif Fakhrudin menjelaskan, Smamita Expo sebagai apresiasi dan ekspresi kemampuan siswa. Apalagi kini siswa dituntut lebih kreatif saat memasuki era revolusi industri 4.0. Otomatis, siswa harus mengikuti perkembangan agar tidak ketinggalan zaman.

"Sekarang siswa dituntut harus bisa bersaing dengan tantangan revolusi industri 4.0. Ini 36 inovasi itu hasil karya siswa selama dua tahun terakhir dan banyak yang juara, di antaranya Detektor Infus juara di ITS, Powerbank Tenaga Surya juara di UMM,” beber Zainal.

Pameran karya inovasi siswa Smamita ini menarik perhatian sejumlah siswa SMP. Salah satunya, Aisyah Adhani, siswa SMPN 2 Sukodono. Bersama beberapa temannya, Aisyah terlihat berbincang dengan siswa Smamita yang menjaga stan pameran. “Keren ya,” ucapnya.

Dinda Fadiyah, siswa kelas X IPS-1 Smamita, dia dan dua temannya membikin denah mitigasi. Bentuknya berupa miniatur sebuah mall di Sidoarjo, yang dilengkapi alur evakuasi saat terjadi gempa bumi. “Ini upaya tanggap bencana saat ada gempa,” cetusnya. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO