Minggu, 20 Oktober 2019 14:21

Jelang Musim Giling, PTPN X Gelar Manten Tebu

Kamis, 25 April 2019 18:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Jelang Musim Giling, PTPN X Gelar Manten Tebu
Dua manten tebu saat diarak sebagai tradisi dimulainya buka giling. foto: ARIF KURNIAWAN/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam menjaga tradisi menjelang musim giling tebu, PTPN X Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru, Kota Kediri, Kamis (25/4) menggelar prosesi pernikahan (manten) dua batang tebu. Hal ini, menjadi perhatian dan memukau ribuan masyarakat yang menyaksikan acara tersebut.

Apalagi, momen tersebut juga bertepatan dengan Hari Kartini, di mana, para Direksi dan jajaran PTPN X yang hadir diwajibkan mengenakan pakaian khas ala Kartinian.

Meski digelar setiap tahun, tetapi tidak menyurutkan minat warga untuk melihat. Mereka tertarik dengan keunikan resepsi pernikahan dua batang tebu tersebut. Bahkan, kemeriahan dan kemegahan pernikahan dua batang tebu ini tidak kalah dengan pernikahan manusia pada umumnya. Di mana, dua batang tebu yang dinikahkan juga dirias layaknya pengantin sungguhan.

Dua batang tebu dibawa oleh dua orang sesuai jenis kelaminnya. Selama perjalanan, para pengiring bersholawat bersama. Hingga, sesampainya di PG lokasi, 'Kedua Mempelai' diserahkan.

Menurut General Menager PG Pesatren Baru, H Miftakhul Munir, prosesi ini merupakan tradisi budaya yang dilaksanakan sejak dulu. Seluruh pegawai, petani, masyarakat dan jajaran pemerintah daerah hadir.

"Kami berharap proses giling tahun ini berjalan dengan lancar tidak ada kendala. Hingga, momen Selamatan Giling tahun 2019 PG Pesantren Baru dengan semboyan, Dengan Semangat Sinergi,Integritas, Profesional, Kita Tingkatkan Kemitraan Pabrik Gula Dengan Petani Menuju Kejayaan,” kata H Miftakhul Munir, saat memberikan sambutan.

Ditambahkanya, untuk tahun ini, pihaknya akan melakukan proses giling sebanyak 773 ribu ton, yang akan berlangsung Awal Mei 2019 sampai akhir Oktober 2019. "Ya harapan proses giling tahun ini bisa berjalan lancar dengan menghasilkan rendemen yang bagus," harapnya.

Terakhir, H Miftakhul Munir menjelaskan, penyatuan dua batang tebu ini merupakan wujud rasa syukur. Harapanya, PG Pesantren Baru dan petani dimusim giling tahun ini dapat berjalan dengan lancar, serta menghasilkan kristal gula yang erkualitas dengan melimpah. (rif/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...