Kamis, 17 Oktober 2019 23:34

Cegah Abrasi, EMCL Bersama el-Sal Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Selasa, 23 April 2019 19:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Cegah Abrasi, EMCL Bersama el-Sal Indonesia Tanam Ribuan Mangrove
Penanaman pohon mangrove di Desa Karangagung oleh EMCL, Yayasan eL-Sal, DLH, dan sejumlah komunitas pecinta lingkungan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menggandeng Yayasan el-Sal Indonesia, ExxonMobile Cepu Limited (EMCL) mengadakan kegiatan gerakan menanam pohon mangrove dan bersih pantai di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Selasa (23/4).

Kegiatan yang melibatkan sekitar 125 peserta ini turut dihadiri Perwakilan Perusahaan, Kepala DLH Tuban, Forkopimcam Palang, dan pemerintah desa setempat.

Ketua Yayasan el-Sal Indonesia, Ahmad Shohib mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjadikan wilayah pesisir di Desa Karangagung hijau dan bersih. Mengingat wilayah tersebut sering terjadi abrasi air laut. Selain itu, banyak sampah ditemukan di sekitaran pesisir pantai.

"Tanam pohon mangrove dan bersih sampah ini untuk mengajak masyarakat supaya sadar akan pentingnya menjaga kebersihan pantai, sekaligus mencegah terjadinya abrasi di Desa Karangagung," kata Ahmad.

Lebih lanjut, dia menambahkan, pada kegiatan ini panitia menyediakan sebanyak 3.500 pohon mangrove dari EMCL. Pohon-pohon itu akan ditanam di sepanjang pantai Desa Karangagung. Tak hanya itu, EMCL juga menyerahkan bantuan berupa 150 bak sampah dan dua becak sampah untuk diberikan kepada masyarakat.

"Semoga ini bermanfaat dan bisa menambah pendapatan ekonomi nelayan dan masyarakat Desa Karangagung," imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan dari EMCL, Ikhwan Arifin mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat khususnya di Desa Karangagung yang dilewati pipa minyak. Namun, dirinya meminta kepada masyarakat untuk sedikit lebih bersabar karena manfaat dari penanaman itu tidak bisa langsung dirasakan secara instan.

"Semoga dengan program ini bisa kita kembangkan dan kita rawat sedemikian rupa. Semoga ke depan wilayah ini akan hijau dan terwujud hutan mangrove di desa ini. Saya yakin apa yang kita lakukan lakukan hari ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di kemudian hari," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala DLH Tuban Bambang Irawan menyampaikan apresiasi kepada pihak EMCL dan yayasan el-Sal Indonesia yang telah menggelar kegiatan tanam pohon mangrove dan bersih sampah yang ada di pantai.

"Semoga bisa diselenggarakan di desa-desa yang lain," tutup Bambang. (gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...