Cegah Abrasi, EMCL Bersama el-Sal Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Cegah Abrasi, EMCL Bersama el-Sal Indonesia Tanam Ribuan Mangrove Penanaman pohon mangrove di Desa Karangagung oleh EMCL, Yayasan eL-Sal, DLH, dan sejumlah komunitas pecinta lingkungan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menggandeng Yayasan el-Sal Indonesia, ExxonMobile Cepu Limited () mengadakan kegiatan gerakan menanam pohon mangrove dan bersih pantai di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Selasa (23/4).

Kegiatan yang melibatkan sekitar 125 peserta ini turut dihadiri Perwakilan Perusahaan, Kepala DLH Tuban, Forkopimcam Palang, dan pemerintah desa setempat.

Ketua Yayasan el-Sal Indonesia, Ahmad Shohib mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjadikan wilayah pesisir di Desa Karangagung hijau dan bersih. Mengingat wilayah tersebut sering terjadi abrasi air laut. Selain itu, banyak sampah ditemukan di sekitaran pesisir pantai.

"Tanam pohon mangrove dan bersih sampah ini untuk mengajak masyarakat supaya sadar akan pentingnya menjaga kebersihan pantai, sekaligus mencegah terjadinya abrasi di Desa Karangagung," kata Ahmad.

Lebih lanjut, dia menambahkan, pada kegiatan ini panitia menyediakan sebanyak 3.500 pohon mangrove dari . Pohon-pohon itu akan ditanam di sepanjang pantai Desa Karangagung. Tak hanya itu, juga menyerahkan bantuan berupa 150 bak sampah dan dua becak sampah untuk diberikan kepada masyarakat.

"Semoga ini bermanfaat dan bisa menambah pendapatan ekonomi nelayan dan masyarakat Desa Karangagung," imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan dari , Ikhwan Arifin mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat khususnya di Desa Karangagung yang dilewati pipa minyak. Namun, dirinya meminta kepada masyarakat untuk sedikit lebih bersabar karena manfaat dari penanaman itu tidak bisa langsung dirasakan secara instan.

"Semoga dengan program ini bisa kita kembangkan dan kita rawat sedemikian rupa. Semoga ke depan wilayah ini akan hijau dan terwujud hutan mangrove di desa ini. Saya yakin apa yang kita lakukan lakukan hari ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di kemudian hari," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala DLH Tuban Bambang Irawan menyampaikan apresiasi kepada pihak dan yayasan el-Sal Indonesia yang telah menggelar kegiatan tanam pohon mangrove dan bersih sampah yang ada di pantai.

"Semoga bisa diselenggarakan di desa-desa yang lain," tutup Bambang. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO