Jumat, 13 Desember 2019 17:15

Cegah Abrasi, EMCL Bersama el-Sal Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Selasa, 23 April 2019 19:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Cegah Abrasi, EMCL Bersama el-Sal Indonesia Tanam Ribuan Mangrove
Penanaman pohon mangrove di Desa Karangagung oleh EMCL, Yayasan eL-Sal, DLH, dan sejumlah komunitas pecinta lingkungan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menggandeng Yayasan el-Sal Indonesia, ExxonMobile Cepu Limited (EMCL) mengadakan kegiatan gerakan menanam pohon mangrove dan bersih pantai di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Selasa (23/4).

Kegiatan yang melibatkan sekitar 125 peserta ini turut dihadiri Perwakilan Perusahaan, Kepala DLH Tuban, Forkopimcam Palang, dan pemerintah desa setempat.

Ketua Yayasan el-Sal Indonesia, Ahmad Shohib mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjadikan wilayah pesisir di Desa Karangagung hijau dan bersih. Mengingat wilayah tersebut sering terjadi abrasi air laut. Selain itu, banyak sampah ditemukan di sekitaran pesisir pantai.

"Tanam pohon mangrove dan bersih sampah ini untuk mengajak masyarakat supaya sadar akan pentingnya menjaga kebersihan pantai, sekaligus mencegah terjadinya abrasi di Desa Karangagung," kata Ahmad.

Lebih lanjut, dia menambahkan, pada kegiatan ini panitia menyediakan sebanyak 3.500 pohon mangrove dari EMCL. Pohon-pohon itu akan ditanam di sepanjang pantai Desa Karangagung. Tak hanya itu, EMCL juga menyerahkan bantuan berupa 150 bak sampah dan dua becak sampah untuk diberikan kepada masyarakat.

"Semoga ini bermanfaat dan bisa menambah pendapatan ekonomi nelayan dan masyarakat Desa Karangagung," imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan dari EMCL, Ikhwan Arifin mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat khususnya di Desa Karangagung yang dilewati pipa minyak. Namun, dirinya meminta kepada masyarakat untuk sedikit lebih bersabar karena manfaat dari penanaman itu tidak bisa langsung dirasakan secara instan.

"Semoga dengan program ini bisa kita kembangkan dan kita rawat sedemikian rupa. Semoga ke depan wilayah ini akan hijau dan terwujud hutan mangrove di desa ini. Saya yakin apa yang kita lakukan lakukan hari ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di kemudian hari," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala DLH Tuban Bambang Irawan menyampaikan apresiasi kepada pihak EMCL dan yayasan el-Sal Indonesia yang telah menggelar kegiatan tanam pohon mangrove dan bersih sampah yang ada di pantai.

"Semoga bisa diselenggarakan di desa-desa yang lain," tutup Bambang. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 12 Desember 2019 12:27 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Di penghujung tahun 2019, Jawa Timur Park (JTP) 3 Kota Batu kembali menghadirkan theme park terbaru yang tidak kalah menarik dengan theme park lainnya, yakni Milenial Glow Garden (MGG). Obyek wisata Spektakuler Lighting ...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...