Tunggu Data Masuk 100 Persen, Partai Pemenang Pileg di Gresik Belum Bisa Diketahui

Tunggu Data Masuk 100 Persen, Partai Pemenang Pileg di Gresik Belum Bisa Diketahui Suasana pencoblosan Pileg dan Pilpres 2019 di TPS 22 Desa Kembangan, Kebomas. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Hasil Pileg untuk DPRD Gresik hingga Kamis (18/4), pukul 15.00 WIB belum diketahui. Berbeda dengan perolehan hasil Pilpres yang sudah diketahui, yakni dimenangi Paslon No. 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk Kabupaten Gresik.

Sementara, sejumlah partai peserta pemilu memprediksi bahwa parpol pemenang Pileg di Kabupaten Gresik antara Golkar dan PKB. "Kelihatannya Golkar lagi yang menang," ujar Noto Utomo, salah satu caleg PDIP kepada BANGSAONLINE.com via telepon, Kamis (18/4).

Namun, data validnya, lanjut dia, tetap harus menunggu real count KPU Gresik. "Ditunggu saja real count di KPU," jelas Noto.

Caleg Gerindra Dapil V (Benjeng dan Balongpanggang) Abdullah Munir, juga menyatakan belum tahu partai mana yang juadi pemenang Pileg di Kabupaten Gresik. Sebab, hingga kini semua partai peserta Pileg masih melakukan perekapan data.

"Saya juga belum tahu dapat berapa suara. Ini masih rekap data," akuinya. "Ini data perolehan suara saya yang masuk baru kisaran 5.000 suara," sambungnya.

Di sisi lain, Ketua DPD Golkar Gresik Ahmad Nurhamim optimis partai yang dipimpinnya akan kembali memenangi Pileg kali ini. "Insya Allah dari laporan sejumlah caleg di 8 Dapil, Golkar kembali menang dengan perolehan antara 10-11 kursi," klaimnya.

Nurhamim mengakui bahwa rekapitulasi hasil Pileg 2019 lamban. Faktornya, banyak petugas PPS dan saksi yang tak cekatan dalam memberikan laporan data. "Faktor lain data kita via elektronik trouble, sehingga data-data yang masuk dari saksi usai penghitungan suara, Rabu (18/4), tak bisa diproses," terangnya.

"Kita terus memasukkan data hasil pileg secara manual dari masing-masing TPS. Data yang masuk baru 55-60 persen," pungkasnya.

Ketua KPU Gresik Ahmad Roni, juga mengaku belum mendapatkan data riil hasil Pileg 2019. Untuk itu, pihaknya belum bisa memberikan konfirmasi pemenang hasil Pileg 2019. "Nunggu hasil riilnya," katanya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO