Wakil Ketua Golkar Gresik: Waspada Perubahan Hasil Suara di Injury Time

Wakil Ketua Golkar Gresik: Waspada Perubahan Hasil Suara di Injury Time Andi Fajar Yulianto, Wakil Ketua DPD Golkar Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua Bidang Hukum & HAM DPD Partai Golkar Kabupaten Gresik, Andi Fajar Yulianto, mengajak para kontestan pemilu 2024 ekstra hati-hati dengan raihan suara masing-masing. Khususnya di detik-detik injury time.

Ia berharap tidak sampai ada permainan pengaturan suara yang justru dilakukan oleh oknum penyelenggara pemilu di waktu injury time.

"Beberapa kasus hitung ulang dari pemilu ke pemilu ada saja pada semua tingkatan di beberapa daerah. Makanya, para kotenstan harus mewaspadai," ucap Fajar kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (22/2/2024).

Ia mengungkap tiga faktor penyebab praktik kecurangan pemilu sebagaimana hasil riset media online The Conversation pada 30 Januari 2020.

Pertama, adanya relasi patronase yang kuat. Yaitu, relasi kedekatan personal yang kuat dengan penyelenggara pemilu sebagai kesempatan transaksional, sehingga muncul aspek biaya politik.

Kedua, adanya sistem open list proporsional representation yang setiap caleg akan mendapat kursi karena suara terbanyak. Sehingga para caleg menghalalkan segala cara dan ini justru bersaing berebut di internal partai politik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO