Rabu, 19 Juni 2019 12:52

Terinspirasi Pemkot Surabaya, Wali Kota Mojokerto Sasar Sekolah Terapkan Urban Farming

Senin, 01 April 2019 22:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Terinspirasi Pemkot Surabaya, Wali Kota Mojokerto Sasar Sekolah Terapkan Urban Farming
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari ketika meninjau program Urban Farming di SMPN 1 Kota. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Program pertanian sekolah urban farming tampaknya menarik perhatian Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari. Orang nomor satu di Pemkot Mojokerto tersebut turun ke SMPN 1 setempat untuk meninjau langsung program yang dimulai awal tahun ini.

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik), Amin Wachid, Ning Ita, sapaan Ika Puspitasari mengecek ribuan benih buah yang ditanam di taman sekolah.

"Untuk ke depannya nanti tidak hanya bunga, karena kalau bunga kan hanya dilihat keindahannya saja. Tetapi kalau sayur, selain sedap dipandang juga ada manfaat lain yang bisa dipelajari siswa yakni cara bertanam yang baik dan benar. Sehingga ada nilai ekonomi yang bisa dihasilkan meski rupiahnya belum besar," ujarnya, Senin (1/4).

Wali Kota menyebutkan, gagasan program ini dicanangkan mulai awal 2019 dengan dipandu tenaga ahli yang berpengalaman. Program ini menyasar sekolah dasar (SD) hingga sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) di Kota Mojokerto.

"Semangat dari program ini adalah penghijaun kota. Kita ingin kota ini menjadi indah, rindang, dan teduh dengan ribuan taman kota," katanya.

"Untuk tahun ini, mungkin kalau saya harus menyulap taman-taman belum ada di perencanaan anggaran. Tapi untuk anggaran ke depan akan kita masukkan," janjinya.

Ia juga menjelaskan bahwa saat dirinya berkunjung ke Pemkot Surabaya selama dua hari, ia melihat gedung di setiap lantainya ada urban farmingnya. "Jadi ketika pegawai mungkin jenuh menghadapi kertas-kertas, komputer, dan laptop-laptop, bisa keluar ke teras bersantai melihat tanaman sayur yang segar, sehingga pikiran bisa fresh," jelasnya.

Ia menuturkan, program yang dicanangkannya saat ini ternyata sama dengan apa yang dilihat hasilnya di Surabaya kemarin. "Tapi di Pemkot Surabaya sudah tertata ya. Jadi, ke depan kita ingin mengadopsi program itu," pungkasnya.

Seperti diketahui, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Mojokerto merintis usaha pertanian bermutu tinggi dengan mengenalkan sejumlah program pertanian, yang selama ini terkesan dipandang sebelah mata. (yep/ian) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...