Motivasi Pemdes, DPMD Madiun Gelar Lomba Desa di Kepel

Motivasi Pemdes, DPMD Madiun Gelar Lomba Desa di Kepel ?Kepala DPMD Kab Madiun Joko Lelono saat hadir di lomba desa Desa Kepel.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Madiun Joko Keloni mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya lomba desa di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kamis (28/3), adalah untuk memotivasi pemerintahan desa dan masyarakat sehingga semua bidang dapat dilaksanakan.

Dia mengatakan bahwa pelaksanaan lomba desa dan kelurahan merupakan salah satu ajang untuk meningkatkan motivasi kinerja pemerintah desa/kelurahan dan berbagai elemen masyarakat. 

Untuk diketahui, indikator yang dinilai secara garis besar adalah 3 bidang antara lain: Pertama, bidang pemerintahan desa dan kelurahan yang meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan berbasis teknologi dan pelestarian adat budaya.

Kedua, Bidang Kewilayahan Desa dan Kelurahan meliputi aspek: Identitas, Batas, Inovasi, Tanggap dan Siaga Bencana serta Pengaturan Investasi dan;

Terakhir, Bidang Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan yang meliputi aspek: Partisipasi Masyarakat, Lembaga Kemasyarakatan, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keamanan dan Ketertiban, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Penanggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Kafasitas Masyarakat.

"Ketiga Bidang yang dinilai tersebut dibuktikan dengan fakta, data dan realita. Dalam arti bukan hanya sekadar ada administrasi dan dokumentasi, tetapi ada pelaksanaan kegiatannya dan semuanya itu tentunya mengacu pada RPJMDesa dan RKPDesa," tuturnya.

Di akhir sambutannya, Kepala DPMD menyatakan bahwa lomba desa tidak hanya pementasanm tapi harus sebagai motivasi yang biasanya setelah lomba grafik kegiatan menurun. "Tapi kalau di sini (Desa Kepel) semangat membangun desa terus naik sehingga semua tergerak di segala bidang," ucapnya.

"Administrasi sudah dinilai tinggal melihat di lapangan sudah klop apa belum. Jadi, ini lomba harus bisa memotivasi sehingga semua elemen tergerak Untuk menbangun desa," pungkas Joko. (hen/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO