Minggu, 23 Februari 2020 17:19

KAI Daop 7 Ajak Wartawan Madiun Nikmati KA Wisata di Ambarawa

Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
KAI Daop 7 Ajak Wartawan Madiun Nikmati KA Wisata di Ambarawa
Para jurnalis Madiun menikmati kereta wisata Ambarawa dengan naik KA Wisata, kereta api buatan tahun 1911.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26/3). 

Hari pertama destinasinya di Lawang Sewu pada sore hingga malam hari. Mereka menikmati keindahan dan kemegahan bangunan bersejarah lawang sewu. Karena baru kali ini melihat langsung, nampak semua wartawan melakukan swafoto untuk dokumentasi, kemudian dilanjutkan ke wisata pusat oleh-oleh di Semarang.

Menginjak hari kedua, wisata dilanjutkan ke Stasiun Ambarawa. Mereka kemudian diberikan pemaparan oleh narasumber dari kantor pusat Bandung Harto Yuwono tim penelusuran arsip direktorat managemen dan IT, khusus materi sejarah dan aset PT KAI (persero) dari masa penjajahan Belanda hingga sekarang.

Yang paling unik dan menarik lagi, rombongan diajak naik KA Wisata mulai dari Stasiun Ambarawa sampai dengan Tuntang PP. Dalam perjalanan disuguhi pemandangan yang menawan, ada terbentang sawah, rawa pening tempat pemancingan, dan perbukitan yang hijau menambah kenyamanan perjalanan di atas KA Wisata.

Perjalanan naik KA Wisata dari Ambarawa menuju Tuntang menggunakan kereta beratap dan berdinding dari kayu nomor seri CR 72-1 yang pertama kalinya dipakai pada tahun 1911 masa penjajahan Hindia Belanda, dengan ditarik lokomotif D 30124. 

Operasional KA wisata ini secara reguler pada hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional pada pukul 10.00 WIB, 12.00 WIB, 14.00 WIB. Hari biasa juga bisa dijalankan bila ada pelanggan yang akan menggunakan dengan cara sewa satu rangkaian KA, dengan harga yang bervariasi. Namun untuk pelayanan kunjung ke Lawang Sewu dan naik KA Wisata ini langsung dilayani oleh PT Kawisata (Kereta Api Wisata) anak perusahaan PT KAI (Persero) yang beralamatkan di Stasiun Gambir lantai 2.

Thanti Feliana selaku Senior Supervisor Museum Ambarawa, menjelaskan untuk jumlah pengunjung museum sekitar 2.000 hingga 3.500 orang per minggunya.

"Kalo penumpang sekitar 800 orang, dan tiket masuk museum bagi anak-anak Rp 5.000, dewasa Rp 10.000, untuk tiket reguler naik KA Wisata per orang Rp 50.000," rincinya.

Ixfan Hendriwintoko berharap dengan diadakanya presstour ini, bisa menjalin komunikasi yang baik, antara PT KAI (Persero) dengan rekan wartawan, tetap transparan dan berimbang dalam pemberitaan. (hen/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...