TMMD di Jatim Mampu Meningkatkan Taraf Hidup Sehat dan Pendidikan Masyarakat

TMMD di Jatim Mampu Meningkatkan Taraf Hidup Sehat dan Pendidikan Masyarakat

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Diakui, program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Jawa Timur saat ini mampu menimbulkan berbagai perkembangan positif di lingkup masyarakat di daerah terpencil. Salah satu contohnya ialah mengenai taraf hidup sehat, serta mutu pendidikan warga.

Kapendam V/Brawijaya, Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto menegaskan, bukan hanya fokus bagi pembangunan di desa terisolir saja. Akan tetapi, keberadaan Satgas TMMD di setiap daerah, juga memiliki visi penting, khususnya dalam meningkatkan taraf pendidikan, hingga kesehatan warga.

“Terutama di sektor pendidikan. Di beberapa daerah, seperti di Sumenep, di sana mereka (Satgas, red) membangun sebuah Madrasah untuk masyarakat sekitar,” terang penulis buku berjudul “Pendekar Nusantara menantang Sun Tzu” ini ketika ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (26/3).

Selain membangun madrasah, tuturnya, Satgas TMMD di lokasi itu juga rutin mengajak anak-anak di Desa Larangan Kerta, Kecamatan Batu Putih, untuk mengikuti kegiatan bimbingan belajar (Bimbel) yang sengaja digelar tiap sore hari.

“Setiap sore, biasanya dimulai pukul 16.00-16.30 WIB. Kadang ada juga yang mengajar di beberapa Madrasah setempat. Biasanya dilakukan oleh beberapa personel Satgas ketika jam pelajaran dimulai,” imbuhnya.

Ternyata, peningkatan kualitas pendidikan yang dilakukan oleh Satgas kepada masyarakat, bukan hanya berlangsung di Kabupaten Sumenep, Madura saja. Namun, terdapat beberapa daerah lainnya, termasuk di antaranya ialah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO