BLP Kota Pasuruan Gelar Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa

BLP Kota Pasuruan Gelar Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T, membuka pelatihan dan ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Sekretariat Daerah Kota Pasuruan menyelenggarakan pelatihan dan ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa. Kegiatan yang bekerja sama dengan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) Jawa Timur ini dibuka langsung oleh Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T.

Dalam sambutannya, Plt. Wali Kota berharap pelatihan ini dapat meningkatnya kemampuan pegawai dalam bidang pengadaan barang dan jasa. Sehingga, instansi juga dapat melaksanakan kewajibannya untuk melayani masyarakat secara efektif dan efisien. Apalagi, saat ini pengadaan sudah menggunakan sistem online.

Selain itu, sertifikasi ini juga merupakan salah satu persyaratan seseorang untuk menjadi pelaku pengadaan pada perangkat daerah. "Agar bisa menekan prinsip-prinsip persaingan yang sehat, transparan, terbuka dan memperlakukan secara adil bagi semua pihak. Supaya hasilnya dapat dipertanggungjawabkan dari segi fisik, keuangan maupun manfaatnya," paparnya.

"Saat ini, bukan masanya lagi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa Pemerintah dilakukan secara sembunyi-sembunyi, tidak transparan, yang dapat menimbulkan berbagai penafsiran negatif," lanjutnya.

Untuk itu, Pemerintah Kota Pasuruan sebagai fasilitator menggelar kegiatan pelatihan dan ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa dari IAPI Propinsi Jawa Timur.

Nonot, panggilan akrab Plt. Wali Kota mengapresiasi upaya BLP yang menyelengarakan kegiatan itu. Dengan adanya pelatihan dan sertifikasi ini, ASN yang lulus sertifikasi akan ditempatkan di setiap OPD dalam rangka efisiensi anggaran. 

Sementara itu, menurut keterangan Nyoman Swasti, Kepala BLP, maksud dan tujuan pelatihan dan ujian sertifikasi untuk memenuhi kebutuhan perangkat daerah akan ASN yang bersertifikat di pengadaan barang dan jasa.

Peserta yang hadir sebanyak 40 orang dari seluruh perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. (ard/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO