Senin, 22 April 2019 08:03

Ini Meme "Tuman" Versi Gubernur Khofifah

Minggu, 17 Maret 2019 04:34 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Ini Meme "Tuman" Versi Gubernur Khofifah
Salah satu meme tuman versi Khofifah yang sedang viral. Meme ini berisi pesan moral agar warga tidak membuang sampah di kali. foto: istimewa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sepekan terakhir meme Tuman viral di jagat media sosial. Meme tersebut menyajikan ilustrasi gambar lengkap dengan narasi sarkas nan kocak dan diakhiri dengan ucapan "Tuman". 

Tuman sendiri diambil dari bahasa Jawa dan sudah diserap menjadi bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Tuman mengandung arti gemar atau menjadi biasa (suka, gemar, dan sebagainya) sesudah merasai senangnya, enaknya, dan sebagainya.

Tidak ingin ketinggalan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun turut mengunggah meme Tuman versi dirinya lewat akun Instagram @khofifah.ip miliknya. Khofifah menyindir sejumlah kebiasaan sehari-hari kebanyakan orang dengan menggunakan bahasa khas Jawa Timuran.

"Tuman versi Khofifah. Hayooo ngaku sopo ae sing seneng Tuman...? Tag wong'e. Sugeng kumpul keluargo," tulis Khofifah dalam caption yang diunggah Sabtu (16/3) sekira pukul 17.10 WIB.

Meme tersebut di antaranya berbunyi "Apal jenenge youtuber ambek artis drakor, tapi gak apal Pancasila. Tuman!" (Hafal nama youtuber dan arti drama korea tapi tidak hafal Pancasila. Kebiasaan!-red),

"Jarene pingin Jawa Timur bebas banjir, tapi jek buak sampang ndik kali. Tuman!" (Katanya ingin Jawa Timur bebas banjir, tapi masih buang sampah di sungai. Kebiasaan!-red).

Dan, "Geger mergo Pilpres, sampek lali nek sedulur setanah air. Tuman!" (Bertengkar karena Pilpres sampai lupa kalau kita saudara setanah air. Kebiasaan!-red).

Tak ayal meme-meme tersebut viral dan dibanjiri banyak komentar netizen. Mayoritas menganggap Mantan Menteri Sosial tersebut gaul dan mengikuti perkembangan kekinian media sosial. Selain lucu, meme yang diunggah Khofifah juga dinilai memiliki pesan dan nilai edukasi yang kuat.

"Masya Allah mengena di hati wkwkw, sugeng dalu bu @khofifah.ip," tulis akun @abdul_kaff.

"kereeen ibuk.... cara penyampaian yg mudah di fahami di semua kalangan," imbuh pemilik akun @zeinsusan.

"Mantap bu, pesannya sangat bagus dan milenial sekali," ujar akun @nur_alim_ma.

"wkwkwkwkwkwkwkw... bugub yang gokil banget, humor tapi pesannya dalam bangt bu, mksh bu @khofifah.ip," tambah akun @pioner_hutahaean.

Tidak sedikit pula netizen yang mengungkapkan rasa syukurnya karena dipimpin oleh Khofifah sebagai Gubernur.

Seperti yang dikatakan pemilik akun @deewanda_ana yang berkomentar "Ibu Gubernur ku yang kekinian,". Senada, akun @khanzafatimah menulis komentar "ya ampun ibu lucu banget sih ?!! Ahh makin sayaaang deh sama ibu...,". "Bu gub ter kece ter ter ter ter lah pkok e, i lop bu khofifah," timpal akun @chamidah.

Khofifah sendiri dikenal cukup aktif di media sosial, khususnya Instagram. Selain mengunggah hasil kerjanya sebagai pejabat publik, ibu empat orang anak ini juga sering mempromosikan kekayaan kuliner nusantara, tradisi budaya dan juga berbagai obyek wisata di Indonesia. Tidak jarang caption yang dibuatnya pun membuat netizen terpingkal-pingkal dan baper (terbawa perasaan). Hingga saat ini akun milik Khofifah telah memiliki 138 ribu pengikut. (mdr/rev)

BERIKUT MEME "TUMAN" VERSI KHOFIFAH YANG VIRAL DI MEDSOS:

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Senin, 22 April 2019 00:24 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Se...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...