Menteri Pendidikan Sambangi Ngawi Usai Dilanda Bencana Banjir

Menteri Pendidikan Sambangi Ngawi Usai Dilanda Bencana Banjir Mendikbud Muhadjir Effendy saat berpose bersama pengajar SMPN 1 Kwadungan.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Usai dilanda bencana banjir selama empat hari Kabupaten Ngawi mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat. Hal tersebut nampak pada kunjungan beberapa menteri kabinet kerja.

Selasa (12/03), Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyambangi salah satu SMP Negeri di daerah Kec. Kwadungan. Sebelumnya, bangunan sekolah tersebut turut terdampak banjir.

Didampingi Budi Sulistyono Bupati Ngawi, Mendikbud langsung menuju SMPN 1 Kwadungan. Bupati Ngawi sempat memaparkan secara detail tentang kejadian bencana banjir yang terjadi di wilayah Ngawi dan sekitarnya, serta kerugian total yang dialami masyarakat. Bupati Ngawi juga menjelaskan kondisi sekarang yang mulai normal dan penanganan yang dilakukan pasca banjir.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir menyatakan akan memasukkan kurikulum baru tentang kebencanaan terhadap peserta didik, khususnya SMP sederajat. Ke depan akan diberlakukan program mitigasi bencana di dalam kurikulum pendidikan. Walaupun bukan mata pelajaran (Mapel), tetapi menjadi bagian dari pendidikan karakter atau PPPK dan sudah dicanangkan oleh presiden.

“Sesuai instruksi presiden memang akan kita masukan kurikulum kebencanaan. Hanya saja tidak menjadi materi pelajaran. Cuma ada kegiatan atau pelatihan terkait mitigasi bencana,” urai Muhadjir Effendy.

Dijelaskan pula terkait rencana itu, pihaknya sudah kerja sama dengan Unicef dan BNPB untuk menyusun kurikulum secara bertahap. Diharapkan dengan pendidikan mitigasi bencana, setiap individu siswa lebih dapat menjaga keseimbangan lingkungan.

Ke depannya setiap sekolah akan diberikan materi tentang mitigasi bencana. Yang selanjutnya akan ada relawan yang menjadi pengajar intrakulikuler tentang tanggap bencana. (nal/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO