Senin, 25 Maret 2019 17:53

1.000 Penari Majapahit Siap Semarakkan Kirab Budaya

Senin, 11 Maret 2019 19:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
1.000 Penari Majapahit Siap Semarakkan Kirab Budaya
Acara rembug desa Adiluhung turut dihadiri Wabup Pungkasiadi.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Mojokerto bakal menggelar kirab budaya Majapahit dengan disemarakkan 1.000 orang penari Majapahit. Agenda menyongsong Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-726 ini direncanakan pada tanggal 20 April 2019 mendatang di Trowulan.

Informasi tersebut dibagikan Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, pada acara rembug adiluhung bersama Disporabudpar, Forum Ketahanan Budaya, dan Laskar Majapahit Benteng Nusantara NKRI, di gedung serbaguna Desa Pohkecik Kecamatan Dlanggu.

“1000 orang penari Majapahit telah kita rencanakan bergabung memeriahkan kirab budaya Majapahit. Ini belum termasuk persembahan budaya dari 18 kecamatan,” kata wabup, Senin (11/3) pagi.

Wakil bupati juga berpesan untuk tidak melupakan sejarah. Meski kini sejarah terus digempur kemajuan jaman, keberadaannya harus terus ada dan lestari. Semua pihak mulai dari Pemerintah Daerah, masyarakat adat, maupun komunitas-komunitas pemerhati budaya, harus memberi dukungan penuh terhadap semua upaya pelestarian budaya.

“Budaya dan sejarah harus lestari, jangan sampai stagnan meski menghadapi kemajuan zaman,” tambah wabup.

Pemerintah Kabupaten Mojokerto, kata wabup, menyatakan sangat support penuh atas kegiatan ini. Dari hasil rembuk, hasil yang disepakati akan dicocokkan dengan program-program daerah.

Cita-cita mengenalkan dan menjaga sejarah Majapahit, terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Di antaranya rutin menggelar event-vent budaya, seperti Ruwat Agung Nuswantoro, Kirab Budaya Majapahit, Haul Syech Jumadil Kubro, larung sesaji, dan sebagainya.

Namun tidak berhenti di situ, siswa SD di Kabupaten Mojokerto juga gencar untuk diarahkan mengenal akar sejarah Majapahit dalam proses belajar-mengajar. Belum lama ini, wabup telah mengarahkan kepala sekolah SD, agar membuat kegiatan belajar mengajar dengan melibatkan pengenalan sejarah Majapahit sejak dini.

“Kalau ada libur sekolah, (siswa) jangan selalu dibawa ke luar Kabupaten Mojokerto. Budaya kita kan kaya. Bawa mereka menyelami budaya Majapahit lebih dalam,” pesan wabup.

Rembug adiluhung dengan tema “Cakrawala Baru Mojokerto Masa Depan”, dihadiri pula oleh Ketua DPRD Ismail Pribadi, Asisten, Kepala OPD, Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf MJ Arifin, Camat Dlanggu Nunuk Jatmiko, kepala desa, LSM, ormas, budayawan, serta tokoh lintas agama. (yep/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...