Senin, 27 Mei 2019 03:06

Wali Kota Mojokerto Buka Gelaran Sendratasik Sarbong di TMII

Minggu, 10 Maret 2019 22:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rochmad Saiful Aris
Wali Kota Mojokerto Buka Gelaran Sendratasik Sarbong di TMII
Wali Kota Mojokerto menghadiri giat di Taman Kota.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Untuk memperkenalkan kebudayaan khas Kota Mojokerto, Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisara (Disporabudpar) Kota Mojokerto bekerja sama dengan Badan Penghubung Provinsi Jawa Timur menggelar pagelaran seni dan budaya di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu (10/3).

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari hadir dalam pagelaran seni budaya seni drama tari dan musik (Sendratasik) berjudul “Pasar Kobong -Sarbong” dengan didampingi suami, Supriyadi Karima Saiful serta asisten administrasi umum Subambihanto dan Kepala Disporabudpar Novi Raharjo.

Dalam kesempatan ini, Kota Mojokerto selain menampilkan kesenian khasnya, juga memamerkan produk-produk unggulannya. Wali Kota yang hadir pada siang itu menyampaikan apresiasinya atas digelarnya sendratasik ini dan berharap melalui pertunjukan seperti ini dapat melestarikan seni budaya di Kota Mojokerto sekaligus menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal.

Sendratasik Sarbong dimainkan oleh siswa-siswi SMP Negeri 1 Kota Mojokerto. Sendratasik ini terinspirasi dari kebakaran di sentra PKL Jalan Benteng Pancasila Kota Mojokerto, pada tahun 2017 yang lalu. Pertunjukan ini mengandung makna agar kita semua memetik hikmah dan memiliki harapan baru dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

"Saya berharap melalui pagelaran ini, seni dan budaya di Kota Mojokerto terus bangkit dan bersinar," kata Wali Kota. Ia menyampaikan agar kebudayaan Kota Mojokerto bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini dibutuhkan energi dan semangat baru untuk membuatnya hidup, yang berasal dari kreativitas dan inovasi dari semua pihak.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Mojokerto mengajak semua pihak untuk menumbuhkan ”Spirit of Mojopahit”, sebagai pemacu semangat dalam berkarya dan membangun Kota Mojokerto. "Mari bersama-sama berikhtiar menjadikan Spirit of Mojopahit sebagai kekuatan kita. Spirit yang berlimpah kecerdasan imajinasi, bagaimana kekuatan impian sumpah amukti palapa menjadi titik penyemangat untuk memandu tindakan bersama," kata Wali Kota.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dapat melestarikan seni budaya di Kota Mojokerto, sekaligus menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal. Khususnya nguri-uri budaya Mojopahit.

Dengan adanya pameran produk unggulan daerah ini, saya berharap akan mampu memberikan inspirasi dan motivasi kepada masyarakat terutama generasi muda Kota Mojokerto untuk berkarya, berprestasi serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai warga Kota Mojokerto.

“Karena kita semua harus selalu optimis. Produk-produk yang dihasilkan oleh UKM IKM Kota Mojokerto layak untuk bersaing dan disandingkan di level nasional. Karena itu kita harus memiliki rasa bangga, rasa cinta bahwa produk kita memiliki produk yang mampu untuk diunggulkan,” serunya.

Mengakhiri sambutannya, wanita yang karib disapa Ning Ita mempromosikan event Mojotirto Festival yang akan digelar pada 22 Maret mendatang. Melalui festival ini, Wali Kota berharap akan menjadi pembuka destinasi wisata di Kota Mojokerto.

“Berbicara tetang Kebesaran Mojopahit, Kota Mojokerto merupakan pusat keramaian. Diselenggarakannya Mojotirto Festival, bersamaan dengan momen Hari Air Sedunia di awal tahun ini, diharapkan menjadi pembuka destinasi wisata yang berbeda di Jawa Timur,” pungkasnya. (ris/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...