Senin, 25 Maret 2019 17:52

Wali Kota Mojokerto Buka Gelaran Sendratasik Sarbong di TMII

Minggu, 10 Maret 2019 22:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rochmad Saiful Aris
Wali Kota Mojokerto Buka Gelaran Sendratasik Sarbong di TMII
Wali Kota Mojokerto menghadiri giat di Taman Kota.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Untuk memperkenalkan kebudayaan khas Kota Mojokerto, Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisara (Disporabudpar) Kota Mojokerto bekerja sama dengan Badan Penghubung Provinsi Jawa Timur menggelar pagelaran seni dan budaya di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu (10/3).

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari hadir dalam pagelaran seni budaya seni drama tari dan musik (Sendratasik) berjudul “Pasar Kobong -Sarbong” dengan didampingi suami, Supriyadi Karima Saiful serta asisten administrasi umum Subambihanto dan Kepala Disporabudpar Novi Raharjo.

Dalam kesempatan ini, Kota Mojokerto selain menampilkan kesenian khasnya, juga memamerkan produk-produk unggulannya. Wali Kota yang hadir pada siang itu menyampaikan apresiasinya atas digelarnya sendratasik ini dan berharap melalui pertunjukan seperti ini dapat melestarikan seni budaya di Kota Mojokerto sekaligus menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal.

Sendratasik Sarbong dimainkan oleh siswa-siswi SMP Negeri 1 Kota Mojokerto. Sendratasik ini terinspirasi dari kebakaran di sentra PKL Jalan Benteng Pancasila Kota Mojokerto, pada tahun 2017 yang lalu. Pertunjukan ini mengandung makna agar kita semua memetik hikmah dan memiliki harapan baru dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

"Saya berharap melalui pagelaran ini, seni dan budaya di Kota Mojokerto terus bangkit dan bersinar," kata Wali Kota. Ia menyampaikan agar kebudayaan Kota Mojokerto bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini dibutuhkan energi dan semangat baru untuk membuatnya hidup, yang berasal dari kreativitas dan inovasi dari semua pihak.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Mojokerto mengajak semua pihak untuk menumbuhkan ”Spirit of Mojopahit”, sebagai pemacu semangat dalam berkarya dan membangun Kota Mojokerto. "Mari bersama-sama berikhtiar menjadikan Spirit of Mojopahit sebagai kekuatan kita. Spirit yang berlimpah kecerdasan imajinasi, bagaimana kekuatan impian sumpah amukti palapa menjadi titik penyemangat untuk memandu tindakan bersama," kata Wali Kota.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dapat melestarikan seni budaya di Kota Mojokerto, sekaligus menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal. Khususnya nguri-uri budaya Mojopahit.

Dengan adanya pameran produk unggulan daerah ini, saya berharap akan mampu memberikan inspirasi dan motivasi kepada masyarakat terutama generasi muda Kota Mojokerto untuk berkarya, berprestasi serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai warga Kota Mojokerto.

“Karena kita semua harus selalu optimis. Produk-produk yang dihasilkan oleh UKM IKM Kota Mojokerto layak untuk bersaing dan disandingkan di level nasional. Karena itu kita harus memiliki rasa bangga, rasa cinta bahwa produk kita memiliki produk yang mampu untuk diunggulkan,” serunya.

Mengakhiri sambutannya, wanita yang karib disapa Ning Ita mempromosikan event Mojotirto Festival yang akan digelar pada 22 Maret mendatang. Melalui festival ini, Wali Kota berharap akan menjadi pembuka destinasi wisata di Kota Mojokerto.

“Berbicara tetang Kebesaran Mojopahit, Kota Mojokerto merupakan pusat keramaian. Diselenggarakannya Mojotirto Festival, bersamaan dengan momen Hari Air Sedunia di awal tahun ini, diharapkan menjadi pembuka destinasi wisata yang berbeda di Jawa Timur,” pungkasnya. (ris/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...