Longsor, Tanggul Sungai Bengawan Solo di Kanor Mengkhawatirkan

Longsor, Tanggul Sungai Bengawan Solo di Kanor Mengkhawatirkan Kondisi tanggul yang mulai longsor dan mengkhawatirkan.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Tanggul Sungai Bengawan Solo di Desa Kanor, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur kondisinya mengkhawatirkan. Tanggul sungai terpanjang di pulau jawa tersebut longsor dan rawan jebol.

Pantaun BANGSAONLINE.com di lapangan, terlihat tanggul penahan air yang dibuat dari tanah dan batu pedel sedang longsor. Bahkan tanggul yang semula berukuran empat meter kini tinggal satu meter setengah.

"Sebetulnya longsornya sudah lama (sejak 2016) tetapi dua hari kemarin longsor lagi setelah air sungai naik," ujar Zainuddin warga setempat Sabtu, (9/3).

Adanya longsor susulan tersebut, dia dan warga lainnya sangat khawatir jika tanggul sampai jebol. Sebab di bawah tanggul ada ratusan jiwa yang menempati rumahnya. "Bahkan juga mengancam belasan desa lainnya di Kecamatan Kanor," ucapnya was-was.

Zainuddin menjelaskan, tanggul yang mengalami longsor dan mengkhawatirkan ada di dua titik. Yang pertama sepanjang tiga meter dan kedua sepanjang enam meter. Titik tanggul yang longsor berada di tikungan Sungai Bengawan Solo.

"Longsornya saat air sedang naik, akibat terkena tekanan air," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO