Tahun Politik, Makam Bung Karno pun Jadi Favorit

Tahun Politik, Makam Bung Karno pun Jadi Favorit Suasana makam Bung Karo berikut para peziarah.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Menjelang perhelatan Pemilu 2019, fenomena ziarah politik mulai ramai dilakukan sejumlah calon legislatif (Caleg). Tak hanya caleg DPRD, caleg DPR RI pun ramai-ramai mengunjungi sejumlah tempat yang dianggap keramat.

Di Blitar ada beberapa tempat yang sering didatangi para caleg untuk ziarah politik. Di antaranya Makam Bung Karno, Petilasan Syekh Subakir, makam gantung dan makam pangeranan. Di antaranya beberapa tempat jujukan ini, Makam Bung Karno menjadi tempat favorit.

Juru kunci Makam Bung Karno Kahfi Annezar mengungkapkan, sejumlah caleg mulai ramai mendatangi Makam Bung Karno sejak akhir tahun 2018. Namun kenaikan kunjungan caleg baru naik secara signifikan sejak dua bulan terakhir.

"Memang ada peningkatan, mulai dari caleg DPRD sampai caleg DPR RI. Ada yang datang sendiri, adapula yang bersama-sama tim suksesnya maupun bersama guru spiritualnya," ungkap Kahfi Annezar, Selasa (5/3/2019).

Menurut dia, untuk caleg yang sudah cukup memiliki nama biasanya datang secara khusus pada malam hari. Namun untuk para pendatang baru datang seperti biasa berbaur dengan peziarah umum.

"Kalau yang sudah cukup punya nama biasanya menghubungi atasan agar mendapat akses datang pada malam hari. Kebanyakan DPR RI. Tapi kalau caleg DPRD Kabupaten/Kota atau provinsi yang belum terlalu dikenal ya biasa saja seperti peziarah biasa," jelasnya.

Untuk memasuki area Makam Bung Karno, para pengunjung sebenarnya tidak didata. Namun, biasanya mereka membawa atribut seperti spanduk, memakai kaos Parpol hingga meninggalkan kartu nama dan stiker dicampur dengan bunga dan ditaburkan di pusara Bung Karno.

"Kalau atribut seperti spanduk dan bendera memang tidak boleh dibawa masuk ke areal makam. Namun ada yang membawa tim sukses yang semuanya pakai kaos parpol pengusung jadi sudah bisa dipastikan itu caleg," paparnya.

Selain dari daerah di sekitar Jawa Timur, adapula rombongan caleg yang datang dari daerah Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatera. Bahkan adapula yang membawa tim sukses hingga delapan bus.

"Ada yang kesini bawa timses sampai delapan bus," pungkasnya. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO