Gus Ipul Didaulat jadi Ketua Umum Radio Pemda se-Indonesia

Gus Ipul Didaulat jadi Ketua Umum Radio Pemda se-Indonesia Gus Ipul dan para pengurus Persada.id usai melaksanakan siaran langsung serentak 91 radio lokal se-Indonesia. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 91 radio lokal daerah se-Indonesia menggelar siaran serentak berjaringan, Kamis (28/2). Siaran serentak yang dimulai pukul 10.00 WIB kali ini sekaligus menandai bersatunya seluruh radio dan TV yang tergabung dalam Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Indonesia (dulu RKPD).

Dalam kesempatan itu, Saifullah Yusuf didaulat sebagai Ketua Umum Persatuan TV Publik Daerah Indonesia atau Persada.id. Ia mengaku mau menerima jabatan itu karena melihat pentingnya peran radio dan tv publik yang dikelola oleh pemda untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

"Siaran kali ini menandai hadirnya wadah bagi LPPL yang kami namai Persada.id, Persatuan TV Publik Daerah Indonesia. Bismillah, saya siap menjadi ketua umum, tapi saya hanya ingin satu tahun. Berikutnya biar teman-teman yang ahli di bidang radio dan tv yang melanjutkan," kata pria yang akrab disapa Gus Ipul itu, usai bersiaran berjaringan yang dilakukan dari hotel Grand Inna Simpang

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur itu mengungkapkan, di Indonesia saat ini terdapat 236 radio milik pemerintah daerah yang aktif bersiaran. Untuk meningkatkan peran radio milik daerah ini pula, maka Persada.id akan mewadahi mereka.

Sementara itu, Persada.id hadir sebagai amanah Konferensi Nasional Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Indonesia yang digelar dalam rangka Hari Pers Nasional 2019 di Surabaya beberapa waktu lalu.

dan TV daerah adalah aset bangsa yang sempat terlupakan. Padahal peran mereka sangat penting untuk menyebarkan informasi bagi publik,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul melanjutkan, wadah ini sekaligus untuk meneguhkan komitmen radio dan TV milik pemda sebagai sarana penyiaran non partisan untuk mewujudkan ketahanan informasi bagi bangsa.

Dengan radio berjaringan, Persada.id juga akan meningkatkan kampanye anti hoaks di seluruh radio milik Pemda di seluruh Indonesia.

“Wadah ini juga sebagai bentuk untuk membantu peningkatan kompetensi bagi seluruh radio daerah. Apalagi saat ini masih banyak radio dan TV milik Pemda yang ternyata belum memiliki izin,” ujar Ketua PBNU tersebut.

Sementara itu, siaran serentak berjaringan kali ini juga menghadirkan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar. “Saya sangat mengapresiasi semangat teman-teman radio di daerah ini,” tuhur Bahtiar.

Dia mengatakan, radio dan TV Pemda selama ini terkendala oleh belum adanya perhatian serius dari Pemda setempat. Belum banyak Pemda yang mensuport penuh. “Banyak yang dulu RKPD hingga saat ini masih eksis, tapi sayangnya perhatian dari Pemda belum ada,” imbuhnya. (mdr)

Berikut susunan pengurus Persada.id:

Ketua Umum: Saifullah Yusuf (Gus Ipul)

Wakil Ketua Umum I: Bidang Organisasi:

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO