Polres Lamongan Bersihkan Sampah di Pantai Kutang

Polres Lamongan Bersihkan Sampah di Pantai Kutang Personel Polres Lamongan membersihkan sampah di pantai Kutang, Brondong Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Polres Lamongan melakukan kerja bakti membersihkan sampah di Pantai Kutang, Kecamatan Brondong Lamongan, Jumat (22/2). Kerja bakti ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 ini.

Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung yang juga ditemani ratusan personel kepolisian dan Bhayangkari mengatakan, kerja bakti bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar lebih baik dalam pengelolaan sampah, sehingga memiliki nilai ekonomis dan menekan dampak negatif terhadap lingkungan.

"Di era modern sekarang ini pemerintah sudah banyak melakukan inovasi untuk menanggulangi berbagai macam bentuk dan berbagai macam banyak sampah. Kita mengenalnya dengan 4 R yaitu Replace, Reduce, Recyle, dan Reuse," ujar Feby.

Replace diartikan sebagai pengganti bahan-bahan berbahan plastik dengan bahan logam, kaca, dan kertas. Sementara Reduce diartikan mengurangi penggunaan bahan plastik. Recycle diartikan mendaur ulang bahan bahan plastik menjadi bahan yang berguna. Kemudian, Reuse diartikan menggunakan kembali bahan-bahan hasil daur ulang.

Dalam kesempatan itu, Feby juga memberi tips untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Bisa dimulai dari membongkar-bongkar tempat sampah, memilah sampah organik dan anorganik.

"Kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab kita bersama sebagai warga Negara Indonesia. Maka itu, mari kita jaga," pungkas Kapolres mengajak.(qom/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO