Selasa, 18 Februari 2020 12:58

Konsumsi Miras, 2 Siswa SMPN 13 Kota Malang Dipindah ke MTs Swasta

Selasa, 12 Februari 2019 01:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Konsumsi Miras, 2 Siswa SMPN 13 Kota Malang Dipindah ke MTs Swasta
Wali Kota Malang Sutiaji ketika diwawancarai awak media terkait pemindahan siswa kelas VII dari SMPN 13 Malang ke MTs swasta Sunan Giri Malang, Senin (11/02). foto: IWAN/ BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Dua siswa kelas 7 SMPN 13 Malang dipindahkan ke sekolah swasta, MTs Sunan Giri, dikarenakan kepergok mengonsumsi miras. Terkait kasus ini, Komisi D DPRD Kota Malang sempat melakukan sidak ke SMPN 13 untuk memastikan kasus tersebut.

Wali Kota Malang Drs H Sutiaji juga meninjau kasus di SMPN 13 Malang ini. Ia mengklarifikasi informasi yang beredar, di mana dikabarkan ada empat siswa kelas 7 dikeluarkan pihak SMPN 13.

"Sesungguhnya bukan dikeluarkan, melainkan dicarikan sekolah yang lebih membantu kepada karakter siswa ini," cetusnya.

Sutiaji mengatakan pemindahan sehubungan perilaku siswa yang kepergok mengonsumsi miras, sehingga dikhawatirkan memberikan pengaruh buruk kepada teman lainnya. "Untuk itu pihak sekolah setelah memanggil orang tua siswa, mengambil jalan tengah mencarikan sekolah di swasta agar tetap bisa sekolah," kata Sutiaji.

Sebelum dipindahkan ke MTs Sunan Giri, sambungnya, pihak SMPN 13 Malang juga sudah melakukan koordinasi dengan sekolah terkait. "Harapannya, siswa bisa merubah perilaku lebih baik, dan lebih santun, berbudi luhur," tambahnya.

Sedangkan, dua siswa lainnya masih tetap bersekolah SMPN 13. Hal ini dikarenakan menurut pengakuannya, keduanya hanya terpengaruh desakan temannya untuk mengonsumsi miras.

"Mereka berdua juga melakukan hal tidak baik lainnya, seperti memodifikasi pulpen yang berisikan jarum, guna buat menyakiti teman-temannya. Dan hal ini, jika dibiarkan akan memberikan dampak kurang baik bagi lainnya juga. Dan kedua siswa ini, pastinya menjadi atensi khusus bagi para guru, dengan melakukan pembinaan dan pengawasan lebih optimal," bebernya.

Namun, Abdul Malik S.H., M.H, Kepala MTs Sunan Giri saat dikonfirmasi mengaku bahwa sampai saat ini sekolahnya tidak pernah menerima pelimpahan siswa dari SMPN 13 Malang. "Bisa jadi bukan MTs Sunan Giri, tapi SMP Sunan Giri yang ada di Jalan Tlogo Sari, Merjosari dekat Unitri," jawab Malik.

Di sisi lain, Lilik Ernawati selaku Kepala SMPN 13 Malang tidak memberikan keterangan detail saat dikonfirmasi perihal pemindahan siswa tersebut. Begitu juga saat ditanya terkait instruksi adanya pelarangan kepada wartawan untuk meliput sidak yang dilakukan Wali Kota, ia membantah.

"Maaf, saya gak pernah memberikan instruksi seperti itu (melarang wartawan meliput, red). Langsung telepon saya saja kalau mau ke sini,” singkat ia. (iwa/ros)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...