Pemkab Tuban Terima Bantuan 300 PJU Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

Pemkab Tuban Terima Bantuan 300 PJU Tenaga Surya dari Kementerian ESDM Peresmian PJU Tenaga Surya di salah satu ruas jalan Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menerima bantuan 300 Penerangan Lampu Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya dari Kementerian ESDM. Bantuan ini diserahkan secara simbolis kepada Wakil Bupati Tuban, Noor Nahat Husein, Minggu (10/2).

Wabup mengatakan, bantuan ini meringankan kebutuhan pemkab akan PJU. Sejak 2018 lalu, total sudah ada 5.953 unit PJU. Jumlah tersebut terbilang sangat terbatas mengingat panjang jalan di Kabupaten Tuban mencapai 428,47 KM.

"Jumlah PJU yang dibutuhkan 8.569 unit PJU. Sebab, di beberapa kecamatan terdapat ruas-ruas jalan yang jauh dari jangkauan listrik PLN. Diperkirakan totalnya mencapai 142,82 KM, sehingga masih memerlukan kurang lebih 2.856 unit PJU-TS," terangnya.

"Ke depannya, kami berharap alokasi PJU-TS untuk Kabupaten Tuban dapat ditingkatkan," terang Wabup yang juga mantan Ketua PCNU Tuban itu.

Sementara itu, Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto menyampaikan, bantuan PJU Tenaga Surya merupakan pengejewantahan dari konsep Energi Berkeadilan yang diusung Kementerian ESDM untuk mewujudkan pemerataan energi bagi seluruh warga negara Indonesia. PJU ini dibangun guna memberikan penerangan bagi masyarakat, baik di wilayah perdesaan maupun perkotaan, ungkapnya.

"Pada 2018 lalu, kami juga menyerahkan 738 unit PJU-TS kepada beberapa jabupaten di Provinsi Jawa Timur," terangnya.

Dwi Soetjipto menyampaikan, pemerintah pusat menargetkan pada tahun 2025 bauran energi terbarukan 23 persen. Karenanya, PJU Tenaga Surya mengedepankan prinsip energi terbarukan dan ramah lingkungan, dengan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. PU ini juga menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan daerah yang belum terjangkau listrik PLN. 

"Pada daerah-daerah yang telah terlistrik PLN, PJU-TS dimaksudkan untuk mengurangi konsumsi listrik daerahnya," paparnya. 

Diketahui, pembangunan 300 unit PJU-TS tersebar 12 kecamatan di Kabupaten Tuban. Di antaranya, Kecamatan Plumpang 113 titik, Parengan 33 titik, Montong 25 titik, Soko 24 titik, Semanding 23 titik, Rengel 19 titik, Jatirogo 18 titik, Widang 16 titik, Grabagan 12 titik, Singgahan 6 titik, Senori 6 titik, dan Palang 5 titik. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO