Rabu, 19 Juni 2019 12:49

Peringati HPN 2019, OPD Pacitan Diminta Lebih Transparan Soal Data

Jumat, 08 Februari 2019 09:46 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Peringati HPN 2019, OPD Pacitan Diminta Lebih Transparan Soal Data
Bupati Pacitan, Indartato, saat sambutan HPN 2019 di Halking rumah dinas. foto: Yuniardi Sutondo/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Pacitan diperingati secara sederhana di halaman wingking (Halking) rumah dinas Bupati Pacitan, Jumat (8/2).

Puluhan wartawan, baik cetak dan elektronik, berkumpul untuk melepas kangen dan bersilaturahmi bersama Bupati Indartato, Wabup Yudi Sumbogo, Sekkab Suko Wiyono, dan sejumlah kepala OPD terkait.

Perwakilan forum pewarta Pacitan, Asri Nur Saparini mengungkapkan, peringatan HPN tahun 2019 ini banyak membawa perubahan, khususnya keterbukaan semua OPD lingkup Pemkab Pacitan dalam menerima wartawan saat hendak melakukan peliputan.

"Semoga ini akan menjadi sebuah mozaik yang indah. Ide-ide wartawan akan bisa menjadi warna untuk kemajuan pemerintahan di Pacitan," kata dia ketika memberi sambutan.

Penyiar sebuah stasiun radio swasta di Pacitan ini secara blak-blakan menyampaikan ke bupati, meski banyak OPD yang terbuka dengan wartawan, namun masih ada juga OPD yang kurang transparan ketika bersinggungan dengan data.

"Kami juga memohon maaf, bila Rabu kemarin teman-teman media sempat menggelar aksi damai. Itu hanya sebuah kritik. Sebab selama ini OPD yang kita tuju untuk aksi, yaitu Dinas Kesehatan, memang sulit saat ditemui awak media. Semoga ke depannya akan lebih baik, terbuka, dan transparan dengan semua media," harap dia.

Sementara itu, Indartato memberikan ucapan selamat bertepatan dengan hari ulang tahun pers nasional tersebut. Menurut Indartato, ada dua hal penting saat memperingati sebuah momentum bersejarah seperti HPN ini. Yakni, rasa syukur dan introspeksi.

"Jadi apa yang telah kita perbuat dan lakukan selama setahun lalu, yang baik mari diteruskan dan dikembangkan. Yang kurang mari sama-sama dibenahi," ujar Bupati.

Bupati juga meminta agar profesi media bisa menjadi sarana penghubung antar masyarakat dan pemerintah. Bupati minta wartawan untuk menyampaikan yang sebenarnya dan bisa saling mawas diri. Bahkan Bupati berharap, tiga bulan sekali bisa rapat bersama dengan semua OPD untuk saling evaluasi ketika berhubungan dengan media.

"Mohon Pak Sek (Sekkab Pacitan, Red) agar setiap tiga bulan sekali bisa mengumpulkan semua OPD untuk evaluasi," pinta Bupati Indartato. (yun/ns)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...