Minggu, 21 April 2019 17:56

Ada Wisata Tanaman di Desa Banjarsari Jombang, Cocok untuk Hunting Foto

Rabu, 06 Februari 2019 13:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Ada Wisata Tanaman di Desa Banjarsari Jombang, Cocok untuk Hunting Foto
Hamparan bunga di Wisata Tanaman Desa Banjarsari, Jombang. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menambah jumlah destinasi wisata buatan, sebuah desa di Jombang mengembangkan destinasi wisata tanaman. Di areal wisata ini, pengelola menyuguhkan ratusan aneka tanaman bunga yang menarik dan indah. Selain keindahan wisata ini, juga bisa menjadi edukasi warga soal tanaman dan kehidupannya.

Wisata yang tergolong baru ini berada di Desa Banjarsari Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang. Pengunjung yang masuk hanya cukup membayar uang Rp 5.000 untuk bisa menikmati aneka ragam tanaman sayur dan bunga nan indah.

Sejumlah pengunjung pun dibuat terpana dengan aneka warna bunga yang sudah mulai mekar. Ditambah munculnya kupu dan kumbang yang menambah destinasi ini menjadi jujukan warga lokal.

Tidak jarang pengunjung memanfaatkan keindahan tanaman untuk berswafoto. Belum lagi adanya sejumlah hewan lucu yang disuguhkan oleh BUMDes sebagai pengelola wisata ini.

Lia Rahmawati misalnya, salah satu pengunjung mengakui keindahan hamparan ratusan bunga yang sudah mulai mekar. Suasana sejuk di pagi dan sore menambah pengunjung betah menikmati wisata seluas hampir tiga hektar ini.

Basarudin, Kades Banjarsari mengungkapkan, awalnya pengembangan wisata ini berasal dari kegiatan gebyar pembenihan yang dilakukan Dinas Provinsi Jawa Timur. Karena program tersebut sudah selesai, akhirnya pihak desa mengambil alih dan menambah destinasi wisata untuk dijadikan sumber penghasilan desa.

"Saat ini pengunjung di wisata ini sudah mulai mengalami kenaikan. Setiap kali hari libur bisa mencapai 500 pengunjung, sedangkan di hari biasa berkisar 100 pengunjung," kata Basarudin.

Pihak desa berharap pemerintah memberikan support untuk mengembangkan wisata desa ini menjadi wisata edukasi untuk sekolah. Mengingat cikal bakal wisata ini sebagai lokasi gebyar pembenihan 200 varietas bibit sayur dan buah yang sudah dicanangkan dinas provinsi. (ony/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...