Sebulan, Ratusan Warga di Tuban Terjangkit DB

Sebulan, Ratusan Warga di Tuban Terjangkit DB Sekretaris Dinkes Tuban, Endah Nurul Komariyati.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dalam kurun waktu sebulan terakhir, ratusan masyarakat Kabupaten Tuban dinyatakan positif terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Sesuai data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, selama bulan Januari kemarin tercatat sebanyak 168 orang positif terkena penyakit Demam Berdarah (DB). Dari jumlah tersebut, 2 orang di antaranya meninggal dunia.

Sekretaris Dinkes Tuban, Endah Nurul Komariyati menuturkan, para penderita DB tersebut tidak hanya terjadi pada usia dini atau anak-anak, namun orang dewasa pun tidak luput dari penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat waspadai dengan menerapkan pola hidup bersih, terlebih di saat musim penghujan ini.

Endah berharap, masyarakat turut ikut berperan serta dalam upaya pemberantasan sarang nyamuk. Karena selama ini Dinkes Tuban terus melakukan upaya-upaya itu baik melalui kader-kader yang ada di desa maupun petugas dari puskesmas terdekat.

"Pengendalian yang paling efektif adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk dan meningkatkan kebersihan lingkungan," kata Endah, Minggu (3/2).

Selain upaya itu, Dinkes juga telah melakukan upaya fogging atau pengasapan di wilayah-wilayah tertentu yang telah ditemukan adanya orang yang positif terkena DB, serta membagikan Abate. Dengan begitu diharapkan setiap rumah bebas dari jentik nyamuk. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO