Jelang Imlek, Puluhan Patung Dewa Dewi di Kota Blitar Dibersihkan

Jelang Imlek, Puluhan Patung Dewa Dewi di Kota Blitar Dibersihkan Pengurus Klenteng Poo An Kiong di Kelurahan Sukorejo, Kota Blitar, saat bersih-bersih patung. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSOANLINE.com - Jelang Imlek, puluhan patung dewa dewi dikeluarkan dari tempatnya di Klenteng Poo An Kiong di Kelurahan Sukorejo, Kota Blitar, untuk dibersihkan. Tak hanya patung dewa-dewi, pengurus juga membersihkan altar dan berbagai aksesoris yang ada di Klenteng Poo An Kiong.

Satu-per satu patung dewa dewi dibersihkan dengan kuas, untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di patung. Selanjutnya, patung-patung dicuci dengan air kembang dan dibilas dengan air bersih. Setelah dibersihkan, patung dewa dewi ini kembali ditaruh pada tempatnya masing-masing.

Juru Kunci Klentang Poo An Kiong, A Kiu mengatakan, prosesi membersihkan patung dewa dewi ini rutin dilakukan setiap menjelang Imlek. Namun, waktu pembersihan patung ini tak sembarangan. Pihak Klenteng hanya memiliki waktu beberapa hari jelang Imlek untuk membersihkan patung. Saat itulah patung dalam keadaan kosong, karena dewa dewi sedang kembali ke Kayangan.

"Rangkaian menyambut Imlek dimulai dengan berdoa di Klenteng dan selanjutnya hari ini membersihkan patung-patung Dewa."ujar A Kiu, Jumat (01/02/2019).

A Kiu berharap, di tahun Baru Imlek nanti negara semakin Aman, selalu diberi keberkahan, dan keselamatan.

"Sekarang kan tahun politik, jadi kami berharap agar tidak ada perpecahan di antara warga masyarakat, meski sekarang merupakan tahun politik yang rawan terjadinya gesekan antar pendukung Capres-Cawapres." tambah A Kiu.

Untuk pemasangan lampu-lampu lampion, rencananya pihak Klentang akan melaksanakan pada Sabtu dan Minggu mendatang. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO