Kamis, 02 April 2020 06:00

DPRD Gresik Minta Dishub Perketat Uji Kir Dump Truk

Rabu, 30 Januari 2019 11:59 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfluty
DPRD Gresik Minta Dishub Perketat Uji Kir Dump Truk
Kondisi bus usai diseruduk dump truk pemuat galian C yang remnya blong. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kecelakaan dump truk muatan galian C yang menyeruduk bus pariwisata berpenumpang anak-anak TK di Jalan Raya Bungah, memantik reaksi keras DPRD Gresik. Sebab, kasus ini sudah berkali-kali terjadi hingga telah banyak memakan korban jiwa.

Seperti kecelakaan maut truk tronton Semen Gresik di Jalan Raya Veteran Kecamatan Kebomas 2014 silam, yang menewaskan 3 orang dan belasan luka-luka. Kecelakaan itu juga mengakibatkan 10 mobil dan 4 motor rusak berat.

Terkait hal ini, Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Saidah, selaku koordinator Komisi III meminta Dinas Perhubungan (Dishub) agar benar-benar tanggap agar peristiwa serupa tak terulang. "Dishub yang berwenang dalam menangani kondisi truk, dump truk, laik jalan atau tidak. Saat uji Kir kendaraan harus benar-benar selektif. Jangan asal-asalan. Apalagi main-main dengan pemilik. Kalau tak layak jangan diizinkan jalan," tegasnya.

Nur Saidah mengungkapkan, di Kabupaten Gresik masih banyak ditemukan truk yang tak laik jalan, namun tetap aman bisa lalu lalang di jalan. "Saya sendiri heran, Kok bisa? Ada apa ini?," cetus Caleg Gerindra Dapil II (Duduksampeyan dan Cerme) ini.

Nur Saidah berharap kecelakaan di Bungah kemarin adalah kejadian yang terakhir. Untuk itu, ia meminta agar Dishub getol melakukan razia terhadap truk yang dinilai tak layak jalan. "Dishub bisa gandeng Satlantas untuk penindakan bagi pelanggar," pungkasnya.

Sementara Sekretaris Dishub Gresik Agustin H. Sinaga menyatakan bahwa kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan yang terjadi di Raya Bungah bukanlah truk dari Gresik. Dilihat dari nopol (nomor polisi), dump truk yang menyeruduk bus pariwisata bukan kendaraan plat Gresik. Itu uji kirnya bukan wewenang Dishub Gresik. Tapi, daerah asal kendaraan sesuai nopolnya," katanya.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan terjadi di Jalan Raya Bungah Kecamatan Bungah, tepatnya di depan SD Negeri Bungah. Sebuah bus pariwisata yang berpenumpang anak-anak TK diseruduk dump truk Nopol L-9294-AT dari belakang.

Tabrakan keras mengakibatkan bodi bus pariwisata terdorong ke depan cukup keras hingga puluhan meter. Beruntung, puluhan siswa TK dan gurunya selamat dalam musibah itu. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...