Kamis, 24 Juni 2021 19:44

PDIP: Jokowi Menang Pilpres 2019, Ahok Layak Jadi Menteri

Jumat, 25 Januari 2019 00:19 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
PDIP: Jokowi Menang Pilpres 2019, Ahok Layak Jadi Menteri
Afwan Maksum, S.E., QIA, politikus PDI Perjungan Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Basuki ‘Ahok' Tjahaja Purnama atau BTP akhirnya menghirup udara bebas setelah menjalani masa hukuman 2 tahun karena kasus Al Maidah '51. Setelah dikurangi remisi, total mantan Gubernur Jakarta itu menjalani hukuman selama 1 tahun 8 bulan 15 hari.

Bebasnya Ahok mendapat berbagai macam reaksi. Di Jawa Timur, politikus PDI Perjuangan Jatim, Afwan Maksum menilai keluarnya Ahok menjadi darah segar bagi perjuangan Jokowi di Pilpres 2019. Sebab, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mempunyai banyak pendukung dan simpatisan.

"Publik mafhum kalau Ahok dan Jokowi punya hubungan khusus. Saya yakin Ahok akan membantu Jokowi dengan caranya," tutur Afwan, Kamis (24/1).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini melihat sosok Ahok yang bersih dari korupsi dan pekerja keras seirama dengan Jokowi yang mengutamakan kerja. Karena itu, menurut Afwan, Ahok layak menjadi menteri bila Jokowi menang pilpres.

BACA JUGA : 

Ini Taksir Kerugian Terbakarnya Kilang Pertamina Balongan

Tanggapan Syuriah PBNU soal Usul Penulis Buku Ahok agar MUI Beri Fatwa Boleh Tak Puasa saat Corona

​Gaji Mahathir Mohamad Rp 74,8 Juta, Gaji Jokowi Rp 62.740 Juta

​Pohon di Surabaya Bertumbangan, Warganet Minta Salahkan Anies, Risma Diganti Ahok

Afwan Maksum yang mencalonkan diri kembali sebagai anggota DPRD Jatim di Dapil XII Tuban dan Bojonegoro dengan nomor urut 4 ini, juga menilai Ahok orang yang loyal dan berkomitmen. Sehingga, bisa diandalkan oleh Jokowi di kabinet dalam periode ke-2.

"Kalau Jokowi-Ma'ruf menang, Ahok layak jadi menteri. Karakternya yang tegas dan berintegritas cocok untuk membantu Jokowi di kabinet. Prestasinya saat memimpin Belitung Timur dan Jakarta menjadi bukti kalau ia sosok yang handal," ujar alumni Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta tersebut.

Afwan yang satu almamater dengan Ahok menambahkan, kebebasan Ahok menunjukkan bahwa ia merupakan warga negara yang baik dan taat hukum. Bahkan Ahok memperlihatkan bahwa, dirinya melebihi WNI lain.
"Ini dibanding orang yang mengaku WNI, tapi pada saat berhadapan dengan hukum, malah kabur ke luar negeri," katanya.

Itu sebabnya, tegas politikus muda PDI Perjungan ini, integritas dan kecintaan Ahok kepada NKRI tidak perlu diragukan lagi. 

"Ahok memberi contoh kepada kita semua bagaimana sikap seorang negarawan. Ia patuh pada hukum dan menjalani masa hukuman secara baik. Ia tidak berkelit apalagi melarikan diri," imbuh Afwan.

Secara terbuka, anggota Komisi B di DPRD Jatim ini menilai, jabatan Menteri yang pantas untuk Ahok adalah sebagai Menteri BUMN, Menteri Perdagangan atau Menteri Perindustrian. Sosok Ahok dinilai tepat di posisi itu untuk melanjutkan gebrakan-gebrakan inovatif dari Menteri yang ada kini.

“Indonesia ke depan menghadapi tantangan besar di tengah persaingan bebas yang sangat terbuka. Karena itu, perlu kebijakan dan strategi yang cepat, cerdik, serta cekatan. Saya kira Ahok layak menjadi menteri di pos perekonomian," pungkas Afwan. (mdr/rev)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...